Toilet Bau ? Mungkin Membersihkannya Salah! | Breaktime
Toilet Bau Tak Sedap? Mungkin Cara Anda Membersihkan Salah
16.01.2016

Anda pasti pernah bertanya-tanya kenapa kamar mandi masih meninggalkan bau yang tidak sedap padahal sudah rajin dibersihkan. Bahkan sudah berkali-kali ganti produk pembersih dan pengharum ruangan tapi bau tak enak masih saja melekat. Akibatnya, kita jadi malas-malasan ke kamar mandi karena bau yang sangat mengganggu tersebut.

Jika seperti itu kasusnya, ada kemungkinan bahwa cara Anda membersihkan kamar mandi atau toilet Anda salah, B’timers. Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membersihkan kamar mandi yang salah dan justru membuat bau tak sedap semakin menyebar.

Anda mengelap ruangan dengan handuk

Toilet Bau ? Mungkin Membersihkannya Salah! | Breaktime
Handuk bisa meninggalkan bau tidak sedap

Mengelap menggunakan handuk ternyata meninggalkan bau tidak sedap pada ruangan kamar mandi. Daripada handuk, lebih baik Anda menggunakan kain microfiber. Kain ini terdiri dari serat sintetis ultrafine yang berfungsi maksimal untuk menarik kotoran dan debu. Dengan kain ini, Anda bisa mengatasi debu tanpa menggunakan semprotan. Keuntungan lainnya, kain microfiber ini ramah lingkungan. Artinya, Anda dapat mencuci dan menggunakannya kembali.

Anda tidak mencuci sikat gigi

Toilet Bau ? Mungkin Membersihkannya Salah! | Breaktime
Cuci sikat gigi setelah digunakan hingga bersih

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Manchester menemukan bahwa sikat gigi mengandung sekitar 10 juta kuman penyebab bau. Untuk mengatasinya, bilas dengan air hingga bersih setelah digunakan dan sesekali rendam dalam secangkir air cuka selama sekitar 30 menit untuk membersihkan sisa bakteri. Ganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan sekali.

Anda tidak membersihkan sikat kamar mandi

Toilet Bau ? Mungkin Membersihkannya Salah! | Breaktime
: Jangan gunakan sikat kotor untuk membersihkan kamar mandi

Selain sikat gigi, yang memungkinkan kamar mandi Anda tetap bau setelah dibersihkan adalah Anda lupa untuk mencuci sikat pembersih kamar mandi. Percuma Anda menyikat seluruh ruangan hingga bersih namun sikat yang Anda gunakan penuh kotoran dan kuman penyebab bau. Cuci sikat pembersih ruangan dengan air atau cuka seperti membersihkan sikat gigi kemudian jemur. Jangan simpan di dalam ruangan kamar mandi tapi pisahkan di tempat yang kering.

Anda tidak menggunakan vacuum cleaner

Toilet Bau ? Mungkin Membersihkannya Salah! | Breaktime
Penyedot debu bukan hanya untuk karpet

Anda berpikir bahwa vacuum cleaner hanya untuk membersihkan debu di karpet, lantai dan sofa? Pikirkan sekali lagi. Penyedot debu juga diperlukan untuk membersihkan kamar mandi. Sebelum membersihkan lantai keramik Anda, bersihkan kemudian cuci dengan larutan pembersih. Ini akan menghemat waktu dalam jangka panjang bukan menggosok kotor, lantai berdebu.

Anda lupa membersihkan bagian belakang toilet

Toilet Bau ? Mungkin Membersihkannya Salah! | Breaktime
Bagian belakang toilet jangan sampai dilupakan

Membersihkan toilet bukan hanya membersihkan bagian yang terlihat kotor saja. Namun, Anda jangan melupakan bagian belakang toilet yang juga merupakan sarang kuman. Percikan urin dan sisa busa sabun yang mungkin menempel di bagian belakang toilet juga bisa menimbulkan bau. Selain bagian belakang toilet, pastikan Anda juga membersihkan lubang saluran air dari rambut dan timbunan sisa busa sabun.

Dari 5 poin di atas, kesalahan mana yang sering Anda lakukan, B’timers? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda untuk mengubah metode membersihkan kamar mandi yang salah hingga kamar mandi Anda tetap bersih dan harum. (nap)

Share This Article