Tips-Tips Menurunkan Demam Tinggi Anak | Breaktime
Tips-Tips Menurunkan Demam Tinggi Anak
14.11.2016

Sebagai orangtua, sudah tentu Anda mengharapkan anak Anda tetap sehat dan lincah dan Anda akan melakukan apapun untuk menjaga kesehatan anak Anda. Akan tetapi, semakin muda usia anak, daya imunitas mereka pun masih belum terbentuk sempurna sehingga tidaklah mengherankan jika dalam waktu tertentu anak Anda terjangkit penyakit demam.

Bagi Anda yang merupakan ibu muda tidak jarang Anda panik ketika mendapati temperatur anak Anda melonjak naik dan membuatnya menjadi rewel. Akan tetapi, sebelum Anda terburu-buru memberikan obat-obat penurun demam pada anak Anda, ada baiknya Anda membaca ulasan artikel di bawah ini terlebih dahulu.

  • Kompres Air Hangat

Kebanyakan kasus demam pada anak disebabkan oleh reaksi alami tubuh saat zat-zat antibodi berperang melawan virus atau penyakit dan biasanya, demam tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengompres dahi anak dengan menggunakan air hangat. 

Tips-Tips Menurunkan Demam Tinggi Anak | Breaktime
Pentingnya pertolongan pertama saat anak demam

Air hangat berfungsi untuk menurunkan demam anak tanpa membuat syaraf-syaraf kulit menjadi kaget. Hindari kompres dari air dingin karena hal tersebut dapat mengakibatkan sel syaraf terkejut akibat perubahan temperatur yang mendadak, dan juga jangan menggunakan alkohol karena uap yang ditimbulkan akan sangat berbahaya bila masuk ke saluran pernapasan anak, terutama pada anak balita.

  • Berikan Obat Penurun Demam

Sebagai alternatif apabila demam anak tidak kunjung mereda, Anda dapat memberikan obat penurun demam seperti parasetamol dengan dosis yang sesuai dengan umur anak. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda terlebih dahulu sehingga pemberian dosis obat lebih tepat. 

Demikian adalah tips-tips untuk menurunkan demam tinggi pada anak. Harap diingat untuk terus memonitor suhu tubuh anak, dan apabila suhu tubuh anak tidak segera turun atau bahkan mengalami kejang, segera bawa ke dokter anak terpercaya agar anak Anda dapat memperoleh pertolongan dengan segera. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE