Tips-Tips Ampuh Mengobati Asam Urat | Breaktime
Tips-Tips Ampuh Mengobati Asam Urat
11.12.2016

B’Timers, Anda tentu tidak asing dengan nama penyakit asam urat, bukan? Asam urat adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan gangguan persendian yang pada umumnya menimbulkan gejala rasa nyeri, rasa panas dan pembengkakan di area persendian. Pada umumnya, gejala penyakit ini menyerang sendi di bagian pergelangan kaki, lutut, jari kaki, dan tangan. Penyakit ini sering muncul dan menyerang orang-orang yang berumur di atas 30 tahun atau setelah memasuki masa menopause, dan jika tidak segera ditangani akan membuat penderita mengalami kesulitan dalam bergerak. Lalu bagaimanakah cara yang ampuh untuk mengobati asam urat?

Biasanya, dokter syaraf akan memberikan beberapa macam obat yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat atau paling tidak meringankan rasa sakit yang disebabkan olehnya. Salah satunya Anda akan dianjurkan untuk mengkonsumsi obat pain-killer (obat pereda rasa sakit) dengan kandungan steroid seperti colchicine, atau OAINS yang merupakan obat pereda inflamasi yang tidak mengandung zat steroid sama sekali. 

Baca juga : CARA MENGATASI ASAM URAT DENGAN BAHAN ALAMI

Dan jika Anda mengalami rasa sakit yang cukup parah sehingga tidak dapat diredakan oleh kedua jenis obat di atas, dokter Anda akan memberikan obat kortikosteroid yang pada umumnya tersedia dalam dua jenis, yaitu dalam bentuk tablet maupun dalam bentuk suntikan yang diberikan oleh dokter Anda. Cara lain yang dapat Anda gunakan saat nyeri menyerang adalah dengan mengompres sendi yang sakit dengan menggunakan es batu selama 20 menit.

Tips-Tips Ampuh Mengobati Asam Urat  | Breaktime
Painkiller adalah satu solusi untuk asam urat

Selain itu sebagai langkah tindak lanjut, Anda akan dianjurkan untuk meminum obat seperti allopurinol yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat. Akan tetapi, Anda tidak boleh sepenuhnya bergantung dengan obat-obat tersebut karena sekali lagi, obat-obatan yang telah disebutkan di atas hanya berfungsi untuk meringankan dan mencegah rasa sakit tersebut muncul. Gaya hidup serta pola makan Anda berperan lebih besar dalam pencegahan gejala penyakit sendi ini.

Anda harus bersedia untuk mematuhi pantangan-pantangan yang ditetapkan oleh dokter. Dokter akan meminta Anda untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu penumpukan zat asam urat di persendian Anda. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut antara lain jeroan daging, aneka jenis ikan laut, daging merah, dan minuman beralkohol. Jika Anda termasuk orang yang memiliki isu kelebihan berat badan (obesitas), dokter juga akan menyarankan Anda untuk melakukan program diet.

Baca juga : DIET RENDAH KOLESTEROL DAN ASAM URAT, INI CARANYA

Jika Anda mengikuti saran dari dokter dan menjalani program diet dengan tekun, hal tersebut akan memberikan kontribusi yang cukup besar untuk mencegah penyakit asam urat kambuh kembali. Kristal-kristal asam urat tajam yang terbentuk di sendi Anda pun akan larut dan menghilang. Anda tidak hanya dapat bergerak dengan bebas tanpa takut nyeri tetapi juga Anda akan mendapatkan umur yang produktif dan berkualitas.

Selain itu, secara tidak langsung penyakit asam urat juga dapat berakibat pembentukan batu ginjal yang dapat berujung pada penyakit gagal ginjal. Produksi batu ginjal tersebut dipicu oleh pengendapan asam urat berkadar tinggi yang bercampur dengan zat kalsium yang terdapat di dalam ginjal. Dalam jangka waktu panjang, jika batu ginjal tersebut tidak dihilangkan maka dapat merusak ginjal sehingga mengakibatkan Anda terkena penyakit ginjal dimana ginjal Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cara yang paling ampuh untuk mengobati asam urat adalah dengan memperhatikan gaya hidup dan pola makan Anda. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan diimbangi dengan olahraga tidak hanya dapat menghindarkan Anda dari resiko terkena asam urat tetapi juga menghalau penyakit-penyakit lain yang sering muncul ketika Anda mulai memasuki masa penuaan. (DKP)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE