Tips Tingkatkan Produksi Air Susu untuk Ibu Baru | Breaktime
Tips Tingkatkan Produksi Air Susu untuk Ibu Baru
30.09.2016

Ibu mana yang tidak ingin memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya, B’timers. Seperti yang diketahui, bahwa ASI kaya akan nutrisi yang bagi pertumbuhan bayi, karena kandungan antibodinya. Dan meskipun menyusui merupakan satu aktivitas yang paling alami di dunia, tapi tetap saja kita perlu latihan. Apalagi jika produksi air susu tidak lancar. Nah, ini tips tingkatkan produksi air susu untuk ibu baru, B’timers!

Tips Tingkatkan Produksi Air Susu untuk Ibu Baru | Breaktime
Tangisan bayi adalah tanda dia merasa lapar

Umpankan pada bayi payudara Anda

Well, memang bagi ibu baru, rasanya pasti stres jika bayi terus menerus menangis karena lapar ataupun saat merasa tidak nyaman. Namun ketahuilah, bahwa tangisan bayi adalah sinyal kelaparan terakhir dari bayi. Dan semakin banyak bayi menyusu, maka produksi air susu pun akan meningkat dengan alami.

Hindari memberikannya susu formula

Dan  jika Anda merupakan ibu yang bekerja, tetap usahakan untuk tak menggantikan air susu ibu dengan susu formula, B’timers. Semakin banyak Anda membiarkan bayi meminum susu formula, semakin cepat pula produksi air susu ibu berkurang. So, hindari pikiran untuk memberikan bayi susu formula, ya?

Baca juga : 5 MACAM POSE MEDITASI UNTUK MENENANGKAN PIKIRAN

Pastikan mengondumsi makanan sehat

Dan salah satu tips tingkatkan produksi air susu untuk ibu baru, adalah dengan memastikan Anda cukup mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi, B’timers. Bahkan menjalankan program diet sangat tidak disarankan. Ibu yang menyusui membutuhkan lebih banyak kalori. Hindari makan makanan olahan.

Tips Tingkatkan Produksi Air Susu untuk Ibu Baru | Breaktime
Perbanyak makanan bernutrisi dan mengandung cairan

Jangan batasi asupan cairan harian Anda

Sering memerikan susu pada bayi, akan membuat ibu makin cepat merasa haus. Jika Anda mengabaikan kebutuhan air bagi tubuh, justru akan membuat Anda menderita, B’timers. Bukan hanya produksi susu semakin berkurang, namun juga berisiko terkena sembelit, wasir dan masalah pencernaan lainnya.

Coba biskuit untuk perbanyak air susu

Ada banyak kue dan camilan lainnya yang dapat membantu Anda memperbanyak produksi air susu, lho, B’timers. Jika Anda merasa produksi air susu masih sedikit, cobalah untuk membuat biskuit yang ramah bagi ibu hamil. Resep biskuit laktasi bisa Anda temukan di internet. Hmm, lezat dan sangat membantu.

Dan dengan tips tingkatkan produksi air susu untuk ibu baru, Anda tak perlu memberikan buah hati susu formula, deh, B’timers! (NO)

Share This Article