Tips Tetap Sehat Meski Duduk Seharian di Kantor | Breaktime
Tips Tetap Sehat Meski Duduk Seharian di Kantor
15.08.2016

Pekerjaan menuntut Anda untuk menghabiskan waktu sepanjang hari duduk, B’timers? Hmmm, padahal duduk selama berjam-jam merupakan salah satu kebiasaan terburuk bagi kesehatan Anda. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kelebihan berat badan, lho. Yuk, sebaiknya simak tips dan trik tetap sehat meski duduk seharian di kantor berikut ini, B’timers!

Duduk di kursi yang sesuai

Kebanyakan dari kita menghabiskan lebih dari 7 jam untuk duduk di depan laptop. Anda tahu tidak, jika tulang belakang bisa rusak hanya karena kesalahan dari pemilihan kursi, B’timers? Nah, sebaiknya pilih kursi yang sesuai dengan tinggi Anda. Perhatikan juga bantalan yang paling membuat Anda nyaman.

Tips Tetap Sehat Meski Duduk Seharian di Kantor | Breaktime
Tinggi layar harus lurus dengan mata, lho

Atur monitor dengan benar

Seolah duduk selama berjam-jam saja belum cukup buruk untuk kesehatan, Anda yang bekerja di depan komputer harus sedikit membungkuk ketika mengetik. Bahkan seringnya tinggi layar atau monitor tidak sesuai dengan tinggi mata Anda. Karena itu atur monitor dengan benar untuk kesehatan leher Anda.

Teratur meregangkan tubuh

Buatlah jadwal untuk peregangan selama Anda di kantor, B’timers. Semua pasti tidak akan bertahan jika harus duduk dengan punggung tegak selama 8 jam, kan? Nah, untuk mengatasinya, lakukan peregangan setidaknya setiap 20 menit sekali. Berjalan ke toilet atau sekedar meregangkan otot leher dan bahu.

Gunakan tangga, bukan lift

Jika kantor Anda berada di lantai atas yang mengharuskan untuk menggunakan lift, buang kebiasaan ini mulai sekarang, B’timers. Dengan menaiki tangga, kesehatan fisik Anda akan lebih terjaga, lho. Dan Anda yang kantornya hanya satu lantai, turun beberapa blok dari kantor, dan berjalan kakilah sebelum masuk.

Tips Tetap Sehat Meski Duduk Seharian di Kantor | Breaktime
Tambah asupan cairan Anda, ya?

Perhatikan asupan cairan

Air adalah obat paling mujarap untuk tubuh yang kelelahan, B’timers. Dan karena terlalu banyak duduk di kantor, biarkan sebotol air memenani hari-hari Anda. Jika normalnya kita wajib minum hingga 8 gelas air perhari, jika seharian duduk, kalikan dua jumlah itu. Dengan sering ke toilet, jadi ada alasan bergerak.

Anda sudah duduk di kantor, pulang kerja masih harus duduk di dalam mobil. Dan ditambah duduk lagi di depan televisi setelah makan malam. Mulai perhatikan tubuh Anda dengan tips tetap sehat meskipun harus duduk seharian, yuk, B’timers! (NO)

Share This Article