Tips Sehat Meski Banyak Makan Daging Kurban | Breaktime
Tips Tetap Sehat Meski Banyak Makan Daging Kurban
13.09.2016

Wah, Hari Raya Kurban sudah berlalu, nih, B’timers! Anda masih menyimpan daging kambing dan sapi di rumah? Hmm, tak sedikit yang menganggap mengonsumsi terlalu banyak daging akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada tipsnya Anda tetap sehat, meski makan banyak daging kambing atau sapi, lho, B’timers! Berikut tipsnya!

Pilih olahan daging yang tepat

Tak perlu bingung mengolah daging kurban yang Anda dapatkan. Anda bisa mengolah menjadi sate atau sop, B’timers. Dengan dipadukan bumbu rempah, dapat menetralisir kandungan lemak berlebih. Sedang daging yang diolah menjadi sop, kadar kalorinya jauh lebih sedikit dengan ditambahkan air dan sayuran.

Tips Sehat Meski Banyak Makan Daging Kurban | Breaktime
Daging panggang? Tambahkan salad segar, ya?

Seimbangkan dengan buah dan sayur

Nah, setelah mengonsumsi olahan daging, jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan buah dan sayur, B’timers. Anda bisa memilih kubis, tomat, mentinun, wortel atau kemangi. Sementara buah-buahan bisa menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk. Jadi tidak akan membuat kadar kolesterol yang berlebihan.

Jauhi menu berlemak atau manis

Ketika sudah mengonsumsi olahan dari daging, terutama daging kambing, lemak dan kalori dalam tubuh akan meningkat. Dan untuk mengatasinya, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan yang manis atau berlemak, B’timers. So, sebaiknya jangan makan minuman manis maupun cake setelah daging, ya?

Tips Sehat Meski Banyak Makan Daging Kurban | Breaktime
Dan jangan lupa olahraga ringan, B’timers

Luangkan waktu untuk olahraga ringan

Bermalas-malasan setelah mengonsumsi makanan berlemak, seperti daging, adalah kesalahan terburuk yang dapat menyebabkan berat badan bertambah, B’timers. Dan jika tidak ingin hal ini terjadi, luangkan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas fisik yang dapat membantu mempercepat pembakaran lemak.

Hindari makan daging sebelum tidur

Well, tak masalah jika Anda ingin begadang karena kerabat datang bertamu. Tapi usahakan menghindari mengonsumsi daging menjelang jam tidur, B’timers. Ini bisa menyebabkan kualitas tidur Anda terganggu juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, karena sistem pencernaan semakin tidak lancar.

Dan yang terpenting adalah, meskipun Hari Raya Kurban hanya datang setahun sekali, jangan jadikan ini sebagai kesempatan emas untuk menghabiskan semuanya, ya? Jangan ambil porsi yang berlebihan serta hindari mengonsumsi daging sebelum tidur, lho, B’timers! (NO)

Share This Article