Tips Menghilangkan Trauma | Breaktime
Tips Menghilangkan Trauma
28.11.2016

Dalam menjalani kehidupan, Anda akan mengalami berbagai macam peristiwa-peristiwa dalam hidup. Beberapa hal tersebut bisa jadi peristiwa yang menyenangkan dan menjadi kenangan yang indah dan tidak terlupakan akan tetapi tidak jarang ada peristiwa-peristiwa buruk yang terjadi pada Anda dan hal tersebut tidak jarang menorehkan luka yang membekas hingga sekarang dan yang paling merepotkan, ingatan buruk tersebut sering timbul dengan sendirinya, maupun karena terpicu hal sesepele apapun sehingga mengakibatkan perubahan mood dan membuat emosi Anda tidak stabil. Hal tersebut tentu mengakibatkan gangguan baik pada aktivitas sehari-hari maupun pada hubungan interpersonal Anda dengan orang lain. Lalu, bagaimanakah tips menghilangkan trauma yang efektif?

  • Keep On Moving!

Salah satu tips menghilangkan trauma yang pertama adalah, ketika trauma Anda terpicu, secara otomatis hal tersebut akan membuat Anda dicekam oleh rasa takut dan kekhawatiran yang terus-menerus dan mengakibatkan Anda urung melakukan kegiatan apapun. Akan tetapi, Anda dapat paling tidak mengalihkan perhatian Anda dari rasa trauma dengan berolahraga. Cobalah berolahraga selama 30 menit tiap hari. Ada berbagai macam kegiatan olahraga yang bisa Anda lakukan, seperti jogging, berenang, menari, atau olahraga-olahraga lain yang meliputi menggerakkan kaki dan tangan. 

Baca juga : YOGA TERNYATA JUGA BISA SEMBUHKAN TRAUMA

Saat Anda melakukan olahraga tersebut, fokuslah pada sensasi yang dirasakan panca indera Anda saat Anda sedang bergerak. Seperti memperhatikan ritme bernafas Anda atau menikmati saat angin membelai kulit Anda.

  • Jangan Bangun Tembok Tinggi Antara Anda Dengan Orang Lain

Mungkin ketika Anda terlanda rasa trauma, Anda memilih untuk menjauhkan diri dari orang lain dengan berbagai alasan, salah satunya mungkin Anda tidak ingin membuat orang-orang yang Anda sayangi khawatir. Akan tetapi, menghadapi rasa trauma sendirian justru akan terasa lebih berat.  Hal yang dapat membantu Anda melalui fase-fase berat dalam hidup Anda adalah dengan membangun koneksi dengan orang lain.

Tips Menghilangkan Trauma | Breaktime
Bergabunglah dengan support group untuk penderita trauma

Tentu dalam hal ini Anda tidak harus bercerita tentang trauma yang Anda hadapi, karena bisa sangat dipahami jika Anda mengalami kesulitan untuk bercerita. Anda dapat tetap bersosialisasi dengan orang lain tanpa harus menyinggung trauma yang Anda alami, seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosial di kota Anda. Dengan demikian, Anda dapat menemukan kekuatan Anda dan mampu menangkis perasaan-perasaan negatif saat trauma menyerang.

Dan, Anda juga dapat mengikuti perkumpulan yang bertujuan untuk mendukung orang-orang yang pernah mengalami trauma. Menceritakan kegiatan negatif yang Anda hadapi akan terasa lebih mudah jika Anda bercerita kepada orang-orang yang pernah berada pada posisi yang sama. Dan siapa tahu, dengan mendengarkan cerita tentang bagaimana mereka mampu bertahan dari rasa trauma akan menginspirasi Anda

  • Rawatlah Tubuh Anda

Percaya atau tidak, menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang teratur dapat membantu mengurangi efek serangan trauma. Tindakan-tindakan sederhana seperti menjaga pola tidur yang cukup serta mengikuti olahraga-olahraga meditasi seperti yoga dapat membantu Anda menjaga kondisi emosi Anda.

Selain itu, hindarilah mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan. Terlepas dari anggapan bahwa alkohol dan obat-obatan mampu meringankan penderitaan Anda, kenyataannya adalah Anda justru dapat terjun lebih jauh ke dalam perasaan negatif yang Anda rasakan.

Menjaga pola makanpun teramat sangat penting. Bagi Anda yang menyukai hidangan gorengan dan makanan manis, gorengan dan kandungan pemanis buatan dalam makanan-makanan tersebut telah terbukti menjadi salah satu penyebab penyakit depresi. Sebaliknya, konsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak omega 3 seperti yang terdapat pada ikan dan kacang-kacangan untuk memperbaiki mood Anda.

Demikianlah beberapa tips menghilangkan trauma.  Harap diingat bahwa menghilangkan trauma membutuhkan waktu yang cukup lama dan bergantung tingkat dari rasa trauma itu sendiri. Biarpun demikian, jangan menyerah dan tetap lakukan kegiatan-kegiatan positif untuk kesehatan mental Anda. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE