Tips Mengembalikan Suara Hilang Secara Alami | Breaktime
Tips Mengembalikan Suara Hilang Secara Alami
06.10.2017

B’timers pernah mengalami fenomena kehilangan suara? Gangguan fisik yang menyebalkan tersebut cukup normal terjadi sebagai gejala flu maupun sakit tenggorokan. Selain rasa sakit yang menyiksa di tenggorokan, kehilangan suara juga dapat mengganggu kehidupan Anda karena kesulitan yang B’timers hadapi dalam melakukan komunikasi. Selain flu, terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan hilangnya suara Anda. Sebut saja aktivitas sehari-hari yang menuntut Anda untuk sering berteriak atau mengeluarkan suara dengan volume cukup keras. Kebiasaan yang terbilang wajar tersebut bisa jadi berpengaruh buruk bagi kesehatan pita suara Anda hingga menyebabkan hilangnya suara Anda.

Fenomena kehilangan suara juga dapat muncul sebagai akibat dari serangan virus atau bakteri bakteri pada laring yang menyebabkan peradangan. Sebelum gejala tersebut semakin parah, Anda dapat beristirahat total untuk mengembalikan stamina tubuh. Anda juga bisa berhenti mengkonsumsi minuman dan makanan dingin atau gorengan yang bisa menyebabkan kehilangan suara akibat gejala flu. Tak lupa, B’timers sebaiknya melakukan aneka tips mengembalikan suara hilang melalui berbagai cara alami berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Apa Saja Nih Manfaat Green Juice untuk Sarapan?

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan cukup sederhana saja. Perbanyak mengkonsumsi air mineral untuk memulihkan kondisi tenggorokan B’timers. 8 hingga 12 gelas air sehari merupakan jumlah minimal yang dibutuhkan oleh setiap individu. Anda sebaiknya menghindari mengkonsumsi air es atau minuman dingin. Konsumsi air hangat atau bersuhu ruangan merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan air tubuh Anda tanpa berisiko menyebabkan timbulnya gejala flu. 

Tips Mengembalikan Suara Hilang Secara Alami | Breaktime
Kehilangan suara juga biasa disertai dengan gejala lain seperti sakit tenggorokan

Selain air mineral, tips mengembalikan suara hilang secara alami lainnya ialah dengan meminum air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis ternyata tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur lho, B’timers, namun bisa dijadikan juga sebagai ramuan alami untuk memulihkan suara yang hilang. Campuran perasan jeruk nipis dan kecap memang sudah melegenda dan dikenal efektif menangani batuk, masalah tenggorokan, termasuk mengembalikan suara Anda yang hilang. Setelah jeruk nipis dibelah, peras airnya lalu tampung pada sendok atau wadah lain, sebelum dicampurkan rata dengan kecap secukupnya agar rasa asamnya berkurang. Minum campuran tersebut secara rutin 2 kali sehari agar gangguan tenggorokan Anda lekas sembuh dan bisa kembali bersuara.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Hoax, Ini Efek Keringkan Baju dalam Rumah

Selain menyehatkan karena mengurangi asupan gula pada tubuh, penambahan lemon dan madu sebagai pemanis dalam minuman teh Anda juga memiliki khasiat efektif untuk menyembuhkan iritasi dan membersihkan lendir di tenggorokan yang dapat menyebabkan serak dan suara hilang. Kandungan asam sitrat dalam air lemon bermanfaat untuk membunuh kuman yang dapat membantu proses pemulihan suara Anda yang hilang. B’timers juga bisa meminum segelas susu panas dicampur dengan bubuk kunyit secara rutin selama satu minggu. Khasiat susu kunyit ialah membantu menyembuhkan rasa sakit yang Anda rasakan di tenggorokan serta mengembalikan suara Anda dengan cepat.

Selain melakukan berbagai tips mengembalikan suara hilang secara alami tersebut, Anda juga bisa menggunakan masker untuk melindungi organ pernapasan Anda dari kondisi udara yang semakin buruk akibat pencemaran dan polusi. Mengenakan masker saat bepergian akan mencegah gejala kehilangan suara Anda semakin memburuk. Selain menghindari area rawan polusi dengan kualitas udara yang buruk, B’timers juga bisa menghindari area merokok agar idak menghirup asap rokok yang berbahaya. Dengan demikian, proses pemulihan suara Anda menjadi lebih cepat karena terhindar dari faktor yang dapat memperburuk masalah tenggorokan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengulik Seluk-beluk Manfaat Khitan

Semoga gangguan tenggorokan Anda lekas sembuh dan suara Anda lekas kembali seperti semula ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE