Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil | Breaktime
Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil
12.11.2017

Kehamilan merupakan suatu momen kehidupan dan perjalanan yang istimewa bagi seorang wanita. Selain mengalami sensasi mendebarkan menanti lahirnya jabang bayi, ibu hamil seringkali mengeluhkan berbagai gangguan dan ketidaknyamanan fisik yang melanda selama kurang-lebih 9 bulan. Kehamilan di trimester akhir merupakan masa-masa yang dipenuhi dengan beragam emosi karena persalinan yang makin dekat serta keluhan fisik yang makin sering muncul. Sakit pinggang saat hamil merupakan salah satu gangguan fisik yang paling sering terjadi.

Sakit pinggang di masa kehamilan seringkali dikaitkan dengan Herniated Nucleus Pulposus (HNP) atau gejala syaraf terjepit. Faktanya, berbeda dengan syaraf terjepit, nyeri pinggang saat hamil terbilang wajar dan hanya terjadi sementara waktu. Rasa sakit pada pinggang yang sering Moms alami tersebut sebenarnya disebabkan oleh Sacroiliac Joint Pain. Nyeri sendi sakroiliaka bersumber pada persendian yang terletak di area tulang duduk. Nyeri tersebut disebabkan oleh beban kehamilan dari bobot janin serta berat badan ibu hamil yang ikut naik sepanjang masa kehamilan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kontroversi Pengobatan Multiple Sclerosis

Artinya, keluhan sakit pinggang saat hamil tak semestinya dikhawatirkan, kecuali ibu hamil memiliki riwayat syaraf terjepit. Meski tak membahayakan calon jabang bayi, rasa sakit pada bagian pinggang bisa terasa sangat tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas ibu hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Agar Anda bisa tetap berkegiatan seperti biasanya, berikut ini terdapat beberapa tips sederhana yang bisa B’timers lakukan untuk mengatasi sensasi tidak nyaman pada pinggang pada saat hamil. 

Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil | Breaktime
Adanya janin di perut membuat Anda sering merasakan nyeri di pinggang

Mengatur pola makan merupakan solusi termudah untuk mengatasi sensasi sakit pinggang pada saat hamil. Dengan adanya calon jabang bayi dalam kandungan, Anda memerlukan konsumsi makanan bergizi yang cukup untuk memenuhi asupan nutrisi Anda dan janin. Selama masa kehamilan, tubuh Anda memerlukan asupan kalsium berlebih untuk memenuhi kebutuhan tulang Anda dan janin yang sedang bertumbuh. Memperbanyak konsumsi kalsium serta minum air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang selama masa kehamilan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terapi Gen; Harapan Baru Pengobatan Thalasemia?

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah penggunaan alas kaki yang paling pas dengan bobot ibu hamil sehingga tidak memperparah rasa sakit di pinggang. Agar tidak memperburuk tekanan pada sendi panggul dan tulang belakang, Moms dapat mengenakan sepatu yang tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Sama halnya dengan sepatu hak tinggi, flat shoes juga memberikan posisi kaki yang buruk bagi ibu hamil karena merusak keseimbangan dan menimbulkan sensasi nyeri pada pinggang. Gunakan sepatu dengan hak tidak lebih dari 5 cm namun bukan pula flat shoes untuk mendapatkan posisi tubuh yang lebih stabil.

Selain memperhatikan jenis sepatu yang dikenakan, B’timers juga perlu mempertimbangkan postur tubuh Anda sehari-hari. Semakin tua usia kehamilan Anda, semakin besar pula ukuran janin sehingga semakin menekan panggul. Akibatnya, tubuh Anda menjadi tidak seimbang dan mudah menimbulkan sensasi tidak nyaman pada pinggang. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya menghindari berdiri terlalu lama agar pinggang Anda tidak mudah sakit. Saat berjalan, Moms juga bisa melakukan postur tubuh ideal, yakni berjalan dengan dada tegap dan seimbang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Masalah Jerawat Di Bokong, Atasi Dengan Ini!

Postur tubuh ideal tersebut juga harus dipertahankan saat duduk. Demikian juga dengan mengambil barang dari posisi berdiri. Hindari sakit pinggang saat hamil dengan cara merendahkan posisi tubuh hingga jongkok lalu mengangkat barang perlahan sambil berdiri, alih-alih langsung membungkuk. Semoga kehamilan Anda berjalan lancar hingga hari persalinan tiba ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE