Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini | Breaktime
Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini
28.09.2017

Sebagai penyakit yang menjadi penyebab kematian wanita terbesar kedua setelah kanker rahim, kanker payudara patut diwaspadai gejalanya sejak dini. Hasil statistik dari Yayasan Lembaga Kanker Indonesia menunjukkan bahwa di Amerika Serikat tercatat 180.000 kasus kanker payudara baru setiap bulan sedangkan di Belanda muncul 91 kasus baru dari 100.000 penduduk. Di Indonesia sendiri diperkirakan setiap 10 dari 100.000 penduduk terkena penyakit kanker payudara. Meski bisa menjangkit pria juga, kejadian kanker payudara tetap mendominasi wanita, terutama yang memiliki riwayat kanker payudara di keluarga biasanya akan berisiko 2x lipat lebih mudah terkena kanker payudara. Mengenali gejala dan faktor penyebab kanker payudara sedini mungkin akan memudahkan B’timers menerapkan tips mencegah kanker payudara.

Tentunya, B’timers harus terlebih dahulu mengenali faktor risiko timbulnya kanker payudara pada wanita. Dibandingkan dengan pria, wanita memiliki risiko 100x lebih rentan untuk terkena kanker payudara karena tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Semakin tua wanita, semakin tinggi pula risiko terjadinya kanker payudara. Secara statistik, 1 dari 8 kasus kanker payudara terjadi pada usia di bawah 45 tahun, sedangkan 2 dari 3 kasus menjangkiti wanita di atas 55 tahun. Karena disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon, periode menstruasi juga dapat menandai risiko kejadian kanker payudara pada seseorang. Wanita yang pertama kali mengalami menstruasi di bawah usia 12 tahun dan mengalami menopause setelah usia 55 tahun memiliki risiko terkena kanker yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer

Asupan makanan sehat memang dipercaya merupakan salah satu upaya hidup sehat yang paling mudah untuk mencegah terjadinya segala macam penyakit. Tak hanya asal makan, asupan bahan pangan yang Anda konsumsi juga harus diperhatikan nutrisi dan nilai gizinya. Daging merah, misalnya, dikenal memiliki karsinogen yang dapat memicu kanker. Gemar mengkonsumsi daging merah sebenarnya tak masalah asal B’timers mengimbanginya dengan konsumsi sayuran hijau yang tinggi akan anti-oksidan. Demikian juga dengan beberapa jenis sayuran lainnya seperti wortel dan pare yang memiliki zat anti-kanker bernama sulforaphane. Konsumsi buah seperti delima, alpukat, dan aneka buah beri juga terkenal mampu menangkal sel kanker.

Selain menjaga konsumsi makanan sehat, B’timers juga harus menjaga pola hidup sehat. Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras terbukti mampu meningkatkan risiko kanker payudara karena alkohol dapat meningkatkan kadar hormon estrogen sehingga mempercepat pertumbuhan sel kanker. Meski belum ada penelitian langsung yang membuktikan adanya hubungan antara merokok dan risiko kanker payudara, rokok terbukti mengandung zat kimia tertentu yang berkaitan dengan berbagai jenis kanker. Tips mencegah kanker payudara yang terpenting dengan menjaga pola hidup sehat ialah rutin melakukan olahraga ringan. Tak hanya dapat mencegah obesitas, olahraga rutin juga dapat menurunkan kadar hormon estrogen dan insulin pada tubuh sehingga meminimalisir timbulnya kanker payudara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therapy
Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini | Breaktime
Gejala kanker payudara bisa dideteksi sendiri sejak dini

Setelah mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin, kini saatnya B’timers melakukan perawatan khusus terhadap payudara agar tidak terkena risiko kanker. Pemilihan bra yang tapat, misalnya dengan ukuran lingkar dada dan cup bra yang sesuai ternyata mampu menopang berat payudara dengan baik. Tak hanya memperbaiki postur tulang punggung agar tetap tegak, hal tersebut juga bisa mencegah risiko terjadinya kanker payudara. Saat tidur, Ladies sebaiknya tidak mengenakan bra apalagi yang berkawat agar payudara bisa bernapas bebas dan aliran darah menjadi lancar. Selain memilih bra yang tepat, tips unik lainnya untuk mencegah kanker payudara ialah dengan rutin melakukan pijatan pada payudara untuk sarana relaksasi bagi sel dan saraf payudara yang tegang. Lakukan pijatan ini bersama pasangan untuk membangkitkan gairah seksual Anda berdua saat foreplay.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Abaikan Berbagai Gejala Kanker Laring Ini

Apabila seluruh tips mencegah kanker payudara tersebut telah dilakukan, Anda juga bisa mendeteksi gejalanya sejak dini. Tak perlu melakukan pengecekan adanya sel kanker ke dokter yang tentunya cukup mahal, B’tiemrs bisa kok melakukan deteksi sederhana sendiri di rumah! Caranya, lakukan pijatan lembut di seputar area payudara. Rasakan apakah terdapat benjolan aneh maupun pertanda lain yang tak biasa. setelah menemukan keanehan pada payudara, baru Anda perlu melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Semoga Anda terbebas dari risiko terkena kanker payudara ya, Ladies! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE