Tips Jaga Kesehatan Anda dari Kolesterol Tinggi | Breaktime
Tips Jaga Kesehatan Anda dari Kolesterol Tinggi
27.09.2016

Kebanyakan orang merasa cemas, jika mendapatkan kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Padahal kolesterol merupakan sesuatu yang diperlukan tubuh dalam memproduksi hormon, membran sel dan asam pencernaan. Namun sayangnya, sebagian besar kita mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol. Nah, berikut tips menjaga kesehatan dari kolesterol tinggi, B’timers.

Tips Jaga Kesehatan Anda dari Kolesterol Tinggi | Breaktime
Meski ditambah salad dan sayuran, burger tetap tak sehat

Hindari lemak jahat

Lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kolesterol buruk dalam tubuh. Lemak jenuh ditemukan dalam produk hewani erta minyak tropis. Sedangkan lemak trans terdapat dalam margarin maupun makanan yang dipanggang. Disarankan untuk menghindari lemak jahat agar kadar LDL tak meningkat.

Tingkatkan lemak baik

Selalu akan Anda dapatkan manfaat positif dari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, B’timers. Dan yang terbaik untuk diet Anda adalah diet rendah lemak jenuh. Untuk itu, disarankan untuk memperbanyak minyak zaitun, minyak canola dan kacang-kacangan. Semuanya bagus untuk kolesterol.

Konsumsi Omega-3

Asam lemak yang ditemukan dalam Omega-3 terbukti dapat menurunkan trigliserida sebesar 25 hingga 30 persen. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Tambahkan salmon, herring, minyak ikan, kedelai hingga kenari dalam menu diet Anda.

Tips Jaga Kesehatan Anda dari Kolesterol Tinggi | Breaktime
Serat terbukti ampuh menurunkan kolesterol

Perbanyak asupan serat

Dan asupan serat larut dapat menurunkan penyerapan kolesterol di usus. Tidak hanya menambah buah serta sayuran dalam porsi tinggi, namun menggantikan makanan tinggi lemak dan kolesterol dengan yang rendah lemak serta kolesterol. Jadi cheeseburger dengan daging dan salad bukan pilihan bijak.

Latihan fisik tiap hari

Nah, untuk Anda yang suka mengabaikan latihan fisik, B’timers. Olahraga rutin tiap hari bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh Anda, lho. Dengan meningkatkan kolesterol baik akhirnya akan membantu menurunkan kolesterol jahat. Disarankan untuk memilih aktivitas aerobic dengan rutin.

Siap mengganti gaya hidup Anda untuk menjaga kesehatan dari kolesterol tinggi, B’timers? (NO)

Share This Article