Istirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Layar | Breaktime
Tips Istirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Layar
22.10.2016

Berapa lama dalam sehari, Anda menghabiskan waktu untuk menatap gadget, B’timers? Terus menerus menatap layar komputer, smartphone maupun televisi akan menempatkan beban pada mata Anda, lho. Pencahayaan yang buruk serta tak cukup berkedip adalah faktor yang berkontribusi terhadap kelelahan mata. Nah, berikut ini tips menginstirahatkan mata setelah lama menatap layar, B’timers!

Hangatkan mata dengan telapak tangan

Mulai dengan duduk dalam posisi yang nyaman. Pertama, gosokkan telapak tangan Anda hingga terasa panas, lalu bentuk telapak tangan seperti cangkit. Setelah itu letakkan telapak tangan di masing-masing mata dan tekan. Biarkan panas menghangatkan dan membantu mata rileks selama beberapa menit.

Istirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Layar | Breaktime
Kedipan bisa membantu menghilangkan lelah pada mata

Berkediplah setiap beberapa detik sekali

Ya, kurangnya berkedip adalah salah satu faktor penyebab kelelahan mata karena menatap layar gadget, B’timers. Untuk menghindari mengeringnya mata karena kurang berkedip, lakukanlah latihan sederhana dengan setidaknya mengedipkan mata setiap 4 detik sekali. Tampak mudah, tapi cukup sulit diingat.

Putar-putar bola mata Anda secara rutin

Hal terbaik lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi kelelahan karena terlalu lama menatap layar adalah dengan memutar-mutar bola mata. Setelah cukup lama Anda duduk di depan komputer, cobalah untuk memutar bola mata dengan gerakan melingkar. Latihan ini efektif untuk mengurangi ketegangan.

Istirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Layar | Breaktime
Coba alihkan pandangan ke benda lain di sekitar Anda

Amati benda lain yang ada di sekitar Anda

Setelah berjam-jam menatap obyek yang ada di layar dengan jarak dekat, sempatkanlah untuk melihat benda lainnya di sekitar Anda. Duduk dan amati ruangan tempat Anda bekerja. Cari obyek di salah satu sudut dan latihlah mata untuk mengalihkan perhatian ke setiap benda dengan jarak yang bervariasi.

Melirik demi untuk melemaskan otot mata

Terkadang melirik jauh lebih berarti dari sekadar lirikan, lho, B’timers. Mulai dengan mata tertutup dan posisi duduk dengan nyaman. Meliriklah mata sejauh mungkin. Tahan posisi tersebut dan lirikkan mata ke bawah. Lakukan dengan mata terpejam. Ulangi latihan selama beberapa kali dan tarik napas santai.

Dan selain tips mengistirahatkan mata setelah lama menatap layar di atas, penting untuk mengalihkan pandangan dari layar setelah beberapa saat, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE