Tips Bertahan yang Harus Dilakukan Ketika Gempa | Breaktime
Tips Bertahan yang Harus Dilakukan Ketika Gempa
03.03.2016

“Telah terjadi gempa dengan kekuatan lebih dari 7 skala Richter di barat daya Sumatera, pukul 19.48 waktu setempat. Gempa berpotensi tsunami. Dan semua warga yang tinggal di pesisir diminta untuk waspada.” Atau Anda juga turut merasakan gempa yang mengguncang Kota Malang dan sekitarnya kemarin (2 Maret 2016), B’timers? Memang terjadi lebih dari 1 juta gempa di dunia setiap tahunnya. Dan Asia merupakan daerah paling beresiko terjadi gempa bumi.

Panik, tentu akan dirasakan semua orang yang berada di kawasan bencana. Tapi tidak mungkin Anda hanya berlarian tanpa arah dan tujuan, kan? Karena dengan sedikit pengetahuan serta tindakan pencegahan, bisa sangat berarti dalam meningkatkan peluang Anda untuk bertahan ketika terjadi bencana.

Persiapan yang harus Anda perhatikan

Persiapkan diri Anda sedini mungkin untuk melakukan tindakan cepat dan tepat ketika terjadi gempa bumi, B’timers. Kebanyakan gempa memang hanya berlangsung selama beberapa detik. Dan sangat penting untuk mengetahui langkah apa yang harus segera diambil. Ada baiknya jika Anda mengajak serta semua anggota keluarga untuk melakukan simulasi bencana. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir rasa panik yang muncul.

Ajari anak-anak tentang bencana gempa bumi. Dan sambil Anda menceritakan mengapa bisa terjadi gempa, kenalkan pada mereka bahwa ada tempat aman yang bisa digunakan untuk berlindung saat terjebak di dalam ruangan ketika gempa. Namun, ada juga beberapa tempat serta objek di dalam ruangan yang harus mereka hindari, B'timers, dan pastikan mereka memahami hal tersebut untuk melindungi diri mereka sendiri.

Selain mempersiapkan mental, Anda juga perlu menyimpan beberapa barang untuk kondisi darurat. Misalnya radio dengan baterai, senter, peralatan P3K, botol air, persediaan makanan dan obat-obatan selama 2 minggu, selimut, bahan bakar untuk memasak. Dan usahakan untuk segera mematikan aliran gas, air, serta listrik saat terjadi gempa.

Tips Bertahan yang Harus Dilakukan Ketika Gempa | Breaktime
Jangan pernah panik dalam kondisi apapun

Tindakan saat terjadi gempa

Nah, jika Anda berada dalam ruangan, cari jalan keluar dari rumah atau kantor. Tetapi jika tidak memungkinkan, tetaplah diam di tempat tersebut. Namun segera pindah ke lokasi yang lebih aman. Seperti di bawah meja yang kokoh atau di bawah ranjang. Tujuannya adalah untuk melindungi diri dari benda-benda yang jatuh ketika gempa.

Kaca, cermin, segala furniture berat adalah benda yang harus Anda jauhi, B’timers. Jika Anda sedang memasak, segera matikan aliran gas dan listrik, lalu segera berlindung. Usahakan untuk menghindari bangunan tinggi, seperti gedung, pohon, dan tiang listrik.

Well, sebenarnya semua tindakan untuk bertahan saat gempa tidak akan berguna, jika Anda tidak bisa menjaga diri untuk tetap tenang dan fokus, B’timers. (NO)

Share This Article