Tips Bersihkan Alat Dapur Praktis untuk New Mom | Breaktime
Tips Bersihkan Alat Dapur Praktis untuk “New Mom”
06.04.2016

Memasak memang kegiatan yang menyenangkan dilakukan, apalagi bagi pengantin baru. Namun, B’timers sebaiknya tidak melupakan kebersihan peralatan dapur utama yang sering ternodai oleh Anda. Untuk B’timers yang baru memasuki jenjang pernikahan dan masih tidak tahu seluk beluk dapur rumah, tips bersihkan alat dapur berikut ini pasti akan membantu Anda menjaga dapur tetap bersinar.

Lemari pendingin

Lemari pendingin berfungsi untuk menjaga bahan makanan maupun minuman tahan lama dan tetap segar. Sayangnya noda-noda bekas bahan makanan basi beserta baunya sering menghantui Anda. tips bersihkan alat dapur yang pertama adalah mulai dari mengosongkan lemari pendingin Anda dan membuang makanan basi dari dalamnya.

Tips Bersihkan Alat Dapur Praktis untuk New Mom | Breaktime
Bersihkan dengan lap hingga bersinar seperti baru

Keluarkan sekat dalam lemari pendingin dan rendam dengan baking soda dan air. Gosok permukaannya dengan spons sebelum dibilas dan dikeringkan. Bersihkan dinding dalam lemari pendingin dengan menyemprotkan pembersih serba guna dan gosokkan pada seluruh permukaan dinding lemari pendingin dengan kain lap. Setelah bersih dan kering, masukkan kembali sekat dan tata bahan makanan Anda dalam susunan yang rapi.

Baca juga : FOOD HACK ALA BREAKTIME UNTUK DAPUR ANDA

Oven

Beberapa oven memang dilengkapi dengan fitur self-cleaning. Namun, bila oven B’timers bukan termasuk dalam tipe oven tersebut, Anda dapat membersihkan dengan lap basah untuk menghapus noda. Gunakan tambahan baking soda dan lemon untuk hasil yang lebih maksimal. Untuk bekas cake membandel di loyang, beri air, baking soda, dan lemon lalu panggang pada suhu 170oC selama satu jam dan biarkan dingin sebelum Anda bilas.

Tips Bersihkan Alat Dapur Praktis untuk New Mom | Breaktime
Bagian dalam oven sering ada noda membandel, nih!

Jangan lupa untuk membersihkan bagian atas oven yang sering mengerak arang dengan menggunakan selang air. Sikat bersih dan keringkan sebelum digunakan kembali. Bagian bawah oven juga jangan sampai ketinggalan. Gunakan baking soda dan sabun cuci piring untuk membuat pasta yang ampuh untuk menghapus noda membandel dari oven Anda. Oleskan pasta tersebut dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan lap basah.

Mesin pencuci piring

B’timers sebaiknya membersihkan interior dengan mencampurkan 2 sendok makan makin soda dengan 16 ons air kemudian panaskan selama 2 menit. Semprotkan cairan tersebut pada permukaan pencuci piring dari sudut ke sudut. Lap dengan kain halus di seluruh permukaannya agar pencuci piring Anda kembali bersinar.

Tips Bersihkan Alat Dapur Praktis untuk New Mom | Breaktime
Kalau alat makan bersih, makanan pun lebih sehat masuk dalam tubuh Anda

Untuk membersihkan sisa makanan dalam mesin pencuci piring, B’timers dapat menuangkan 50 gram baking soda dalam dispenser detergen dan operasikan mesin pada suhu tertinggi selama 10 menit. Gunakan lap yang sudah direndam dengan cuka untuk membersihkan dispenser detergen dan untuk mengelap bagian dalam mesin pencuci piring.

Anda akan sangat terbantu dengan tips bersihkan alat dapur tersebut untuk menjaga kehigienisan makanan yang Anda sajikan untuk keluarga kecil. B’timers dapat membersihkannya setidaknya satu tahun sekali untuk menjaga kebersihan sekaligus kesehatan rumah Anda. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article