Tips Bermanfaat untuk Menyusui Saat Sedang Puasa | Breaktime
Tips Bermanfaat untuk Menyusui Saat Sedang Puasa
20.06.2016

Saat Ramadhan, bagi yang menjalankan ibadah puasa memang harus menahan lapar dan haus dengan tidak makan dan minum saat siang hari. Nah, buat para ibu muda yang kini tengah menyusui, tentu perlu untuk menyeimbangkan pola makan dan kebiasaan saat puasa, supaya produksi ASI tetap terjaga. Agar tetap lancar menyusui saat puasa, ini tipsnya untuk B’timers:

Melakukan diet menyusui

Bukan berarti mengurangi makan, namun jika Anda memang sedang melakukan diet menyusui dan tidak mengonsumsi makanan tertentu saat makan, ganti dengan suplemen yang memberikan asupan seimbang untuk Anda.

Minum air putih yang banyak

Menyusui bisa membuat Anda kehausan, jadi pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tercukupi. Apalagi, jika puasa jatuh di musim kemarau yang kering, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Minumlah minimal 8 gelas per hari, saat sahur dan buka puasa.

Tips Bermanfaat untuk Menyusui Saat Sedang Puasa | Breaktime
Menyusui saat puasa tetap bisa dilakukan

Hindari pekerjaan rumah yang terlalu berat

Menyusui juga bisa menghabiskan energi, lho. Apalagi jika Anda berpuasa, akan terasa lebih berat daripada saat Anda tak puasa. Jadi, istirahatlah kapanpun Anda bisa, supaya energi tubuh Anda tetap terjaga dan tersimpan untuk menyusui.

Selalu perhatikan sang bayi

Ada kemungkinan sang bayi mendapat lebih sedikit asupan ASI saat ibunya berpuasa. Jadi, selalu awasi sang bayi dan perhatikan jika ada tanda-tanda seperti popok basah yang berkurang, poop kehijauan, berat badan bayi menurun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Jadi, meski sedang puasa, menyusui tetap bisa dilakukan, kok. Apalagi jika sang bayi sudah berumur lebih dari enam bulan. Namun, jika umur bayi belum sampai enam bulan, B’timers bisa berkonsultasi dengan dokter apakah sebaiknya tetap berpuasa atau tak berpuasa dulu untuk bisa full menyusui dengan lancar. Happy breastfeeding and fasting. (md)

Share This Article