Trik Jitu Mengatasi Pegal Ketika Perjalanan Mudik | Breaktime
Tips Ampuh Atasi Pegal Saat Perjalanan Mudik
17.07.2015

Saat menjelang Lebaran, akan semakin banyak orang yang mudik untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama seluruh keluarga. Apakah B’timers juga sudah siap untuk mudik? Nah, biasanya yang paling sulit dihindari saat mudik adalah rasa capek dan pegal di badan selama perjalanan. Namun, jangan khawatir! Breaktime beri tips ampuh untuk mencegah dan mengatasi pegal saat perjalanan mudik, nih. Simak, yuk!

Cara mengatasi pegal saat mudik

  • Untuk mencegah pegal di perjalanan, lakukan persiapan fisik dan mental dengan makan makanan bergizi, rutin olahraga dan istirahat yang cukup.
  • Segera perbaiki sikap tubuh yang salah khususnya saat duduk, seperti kebiasaan bahu membungkuk atau duduk miring ke satu sisi. Saat duduk atau berdiri, pastikan tubuh benar-benar tegak. Jika membawa kendaraan pribadi, atur posisi mengemudi senyaman mungkin, istirahatkan kaki sesering mungkin.
  • Seringlah menggerakkan tubuh Anda. Bisa dengan olahraga ringan seperti memutar bahu, menggerakkan leher ke kanan dan kiri beberapa kali, meregangkan dan melemaskan otot tangan.
Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh selama perjalanan mudik
Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh selama perjalanan mudik
  • Mengistirahatkan bagian tubuh yang pegal. Bawalah minyak gosok untuk digosokkan pada bagian tubuh yang pegal dan kaku.
  • Saat kaki terasa pegal, luruskan kaki sejenak untuk meregangkan otot-otot kaki.
  • Pastikan tidak memakai alas kaki seperti sandal atau sepatu yang terlalu ketat sebab bisa menghambat aliran darah di kaki dan menyebabkan kaki bengkak.
  • Bawalah air minum yang cukup untuk di perjalanan. Kadang tubuh yang terasa kaku dan pegal disebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka, perbanyak minum air selama di perjalanan.

Tujuan mudik adalah untuk melepas rindu dengan orang-orang terdekat dan kembali menyambung tali persaudaraan. Jangan sampai pada saat Lebaran Anda justru dipusingkan karena tubuh yang tidak fit akibat perjalanan mudik. Nah, jagalah kesehatan diri sebaik mungkin selama mudik agar tubuh tetap fit, B’timers!

Share This Article