Tingkatkanlah Kolesterol HDL dengan Makanan Ini! | Breaktime
Tingkatkanlah Kolesterol HDL dengan Makanan Ini!
14.07.2017

Nah, di saat Anda mendengar kata kolesterol, mungkin Anda akan memikirkan kolesterol yang jahat dan hanya memberikan dampak yang mengerikan untuk kesehatan tubuh. Padahal ada juga jenis kolesterol baik dalam tubuh manusia. Bahkan jenis kolesterol yang satu itu sangatlah dibutuhkan oleh tubuh Anda, B’timers.

Itulah High-density lipoprotein atau kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik dan jenis yang Anda butuhkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda, B’timers. Berbeda dengan HDL, kolesterol LDL itu adalah jenis kolesterol jahat yang seharusnya tak ada di dalam tubuh Anda. Karena kolesterol LDL dapat menyebabkan meningkatnya risiko penyakit mengerikan, seperti jantung hingga stroke.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gaya Hidup Ini Dapat Mengobati Kolesterol Tinggi

Ketahuilah bahwa kolesterol HDL itu diibaratkan seperti penyedot debu untuk kolesterol di dalam tubuh Anda. Jika kadar HDL berada pada tingkat yang normal di dalam darah Anda, maka mereka bakalan bisa membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penumpukan plak di arteri dan setelah itu akan mengirimkan kolesterol ke hati Anda, B’timers. Hati lalu akan mengeluarkannya. Dengan inilah kolesterol HDL mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Tingkatkanlah Kolesterol HDL dengan Makanan Ini! | Breaktime
Pengecekan darah demi mengetahui kadar kolesterol Anda

Lalu hingga tingkat berapakah kolesterol HDL adalah kolesterol yang baik di dalam tubuh kita, B’timers? Menurut American Heart Association, direkomendasikan untuk melakukan tes darah kolesterol di usia setidaknya 20 tahun untuk mengetahik tingkat HDL yang ideal. Diketahui tingkat HDL yang ideal adalah pada kisaran 60 miligram / desiliter (mg / dL) atau lebih tinggi dari kisaran tersebut. Jika HDL Anda ada di angka 40 mg / dL atau kurang, itu artinya kadar kolesterol HDL Anda sangat rendah, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Black Tea: Obat Herbal Penurun Kolesterol

Nah, tahukah Anda jika makanan yang Anda konsumsi sangat mungkin mempengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuh, B’timers? Bagel dengan krim keju untuk sarapan pagi, sepotong ayam goreng sebagai menu untuk makan siang, steak yang dimasak bersama dengan lelehan mentega di jam makan malam, lalu ditambah lagi dengan semangkuk es krim di malam hari. Wah, semua makanan itu sangatlah tidak ideal untuk kolesterol HDL, B’timers! Semuanya dapat meningkatkan LDL!

Tingkatkanlah Kolesterol HDL dengan Makanan Ini! | Breaktime
Pilih makanan sehat untuk tingkatkan kadar HDL Anda, yuk!

Dan sama seperti beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk, atau LDL di tubuh Anda, makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik Anda juga. Mulai dengan menambahkan asupan makanan yang akan menambah kolesterol HDL dalam tubuh Anda untuk bantu menekan tingkat kadar kolesterol LDL yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbukti! Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol

Jenis lemak yang sehat bagi jantung dapat Anda temukan pada buah zaitun dan minyak zaitun. Dan dua makanan ini dapat membantu meningkatkan kadar HDL Anda sekaligus juga menurunkan kadar LDL di tubuh Anda, B’timers.

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber serat larut yang paling tinggi. Tambahkanlah salah satu jenis makanan tersebut untuk membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau kolesterol HDL di dalam tubuh Anda.

Lalu biji-bijian utuh, termasuk di dalamnya bran, sereal dan nasi merah dapat dengan mudah menambah kadar kolesterol baik Anda di dalam tubuh, lho, B’timers. Ini karena makanan tersebut kaya akan sumber serat, khususnya serat larut yang dibutuhkan tubuh. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE