Tidur dengan Hewan Peliharaan Itu Baik Benarkah? | Breaktime
Tidur dengan Hewan Peliharaan Itu Baik, Benarkah?
06.01.2016

Ungkapan sebutir apel dalam sehari bisa menjauhkan kita dari dokter, mungkin kadang kurang tepat. Namun bagaimana dengan an animal a day? Seperti yang kita ketahui, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari memelihara hewan di rumah. Selain mengajarkan anak-anak tentang rasa kasih sayang pada makhluk hidup lain, Anda pun akan terbebas dari depresi berlebih dengan memiliki anjing, kucing atau kelinci ataupun hewan lain.

Dengan mengelus bulu mereka saja kita akan merasakan ketenangan. Dan penelitian dari National Institute of Health menyebutkan, mereka yang memiliki catatan penyakit jantung dapat pulih lebih cepat dengan memelihara kucing atau anjing.

Tidur dengan Hewan Peliharaan Itu Baik Benarkah? | Breaktime
Kehangatan dari bulu mereka membantu kita tidur lebih nyenyak

Amankah tidur bersama hewan peliharaan?

Anda membiarkan hewan peliharaan tidur di luar setiap malam? Mungkin kabar ini bisa sangat menggembirakan. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Mayo Clinic mengatakan, bahwa tidur bersama teman berbulu bisa membantu kita mendapatkan tidur yang lebih baik.

Saat tidur bersebelahan dengan bola berbulu, kita akan mendapatkan kehangatan yang memberi efek relaksasi. Beberapa pemilik hewan mengaku, dengan membiarkan kucing atau anjing mereka tidur di ranjang yang sama, mereka merasa damai.

Tidur dengan Hewan Peliharaan Itu Baik Benarkah? | Breaktime
Bawa anjing rutin mengunjungi dokter hewan

Tips aman untuk tidur bersama hewan peliharaan

Meskipun tidur bersama kucing dan anjing dikatakan memiliki manfaat yang baik, namun perlu diperhatikan hal tersebut tetap beresiko. Centers for Disease Control di Amerika Serikat mengatakan, dengan membiarkan hewan peliharaan tidur di kasur yang sama, beresiko menularkan bakteri atau penyakit dari hewan ke manusia. Seperti penyakit pes, meningitis, bahkan infeksi bakteri. Terlebih jika Anda sering membiarkan mereka berkeliaran di luar rumah tanpa memperhatikan kebersihan setelahnya.

Namun, tidak berarti Anda dilarang sama sekali tidur bersama mereka. Untuk mengurangi resiko kesehatan dari berbagi tempat tidur yang sama dengan hewan, sebaiknya bawa mereka ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksin rutin, atau pengobatan. Dan pastikan Anda menggunakan obat anti kutu, karena sering kutu yang mengakibatkan alergi.

Dan, well, bermanfaat atau tidak, sharing bed with pets masih merupakan pilihan bagi banyak pemilik hewan, ya, B’timers. Dan mungkin Anda juga salah satunya.

Share This Article