Tidur 8 Jam Makin Hari Makin Tak Nyenyak, Mitos Atau Fakta? | Breaktime
Tidur 8 Jam Makin Hari Makin Tak Nyenyak, Mitos Atau Fakta?
01.06.2015

Dengan menjalankan pola hidup sehat, tubuh pun jadi kuat. Ini tidak lepas dari keseimbangan antara makanan bergizi, olahraga teratur dan istirahat atau tidur yang cukup. Nah, pasti B’timers sudah punya jadwal dan komitmen sendiri untuk membiasakan diri hidup sehat. Apakah tidur 8 jam sehari termasuk di antaranya?

Hm, bisa jadi. Untuk segala usia, tidur yang paling tepat memang 8 jam sehari. Anda membutuhkan waktu istirahat selama itu untuk menjaga sirkulasi serta metabolisme tubuh agar badan tetap terasa bugar. That’s why, kebiasaan tidur 8 jam sehari ini pasti sudah Anda jalankan. Jika tidak, barangkali kini Anda sedang mulai membiasakan diri untuk 8 jam waktu tidur itu.

Tetapi tahukah Anda? Faktor usia rupanya juga berpengaruh terhadap kualitas tidur. Sejak kita masih di usia kanak-kanak hingga sekarang, kualitas tidur kita mengalami perubahan. Bahkan, kalaupun kita sudah terbiasa tidur 8 jam sehari, itu tidak akan sama saat nanti usia kita semakin bertambah. Lalu, benarkah tidur 8 jam per hari itu semakin lama akan semakin tidak nyenyak, atau justru semakin kita tua tidur akan semakin nyenyak?

Meski waktu tidur sama, kualitas tidur akan berubah seiring bertambahnya usia
Meski waktu tidur sama, kualitas tidur akan berubah seiring bertambahnya usia

Benar sekali, B’timers, bahkan Anda mungkin juga sudah mengalami dan merasakan sendiri.  Semakin usia kita bertambah, tidur kita akan semakin tidak nyenyak dan kurang membuat tubuh segar ketika bangun. Bisa jadi itu murni karena faktor usia atau mungkin ada masalah dengan kesehatan Anda. Semakin tubuh kita sehat semakin nyenyak pula tidur kita dan sebaliknya.

Apalagi dalam kehidupan modern di era digital seperti sekarang, dengan segudang kesibukan mulai dari tuntutan pekerjaan kantor sampai berbagai tugas rumah yang harus diselesaikan. Hal itulah yang sering membuat tidur jadi terabaikan, padahal tidur berpengaruh sangat besar terhadap kesehatan seluruh tubuh kita. So, jangan pernah menyepelekan waktu tidur.

That’s why, kebiasaan tidur 8 jam sehari itu sudah baik. Tetaplah rutin dengan jadwal itu dan selalu jalankan pola hidup sehat yang seimbang dan teratur. Meski usia bertambah, teruslah semangat menjaga kesehatan, B’timers!

Share This Article