Tiba-tiba Sakit Gigi? Mungkin ini Sebab Utamanya | Breaktime
Tiba-tiba Sakit Gigi? Mungkin ini Sebab Utamanya!
04.08.2016

Hayo, kapan terakhir kali Anda merasakan sakit gigi, nih, B’timers? Well, sakit gigi memang satu keluhan paling umum di seluruh dunia. Dan jika Anda bertanya pada 10 orang, apa sebab sakit gigi, mereka akan menyalahkan kerusakan gigi. Tapi sebenarnya tahukah Anda apa sih, yang menyebabkan sakit gigi yang datang tiba-tiba? Berikut penyebab utama sakit gigi yang datang tiba-tiba, B’timers!

Kerusakan gigi

Well, memang tidak selalu menjadi penyebab utama sakit gigi, sih, B’timers. Selain itu, rongga kecil yang hanya mempengaruhi lapisan luar gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun saat lubang kecil itu mengalami pembusukan yang menembus hingga email, maka gigi Anda akan menjadi sangat sensitif.

Tiba-tiba Sakit Gigi? Mungkin ini Sebab Utamanya | Breaktime
Itulah sebab Anda wajib rutin ke dokter gigi, B’timers

Penyakit gusi

Dan penyakit yang satu ini dapat menyebabkan gusi merah, bengkak hingga berdarah, B’timers. Bahkan jika terus berlanjut, bisa menyebabkan sakit gigi, di gigi yang sehat sekalipun, lho. Infeksi gusi dan tulang yang meradang akan mengarah pada pembengkakan. Dan hal ini bisa menjadikan gigi terasa sakit, lho.

Baca juga : SAKIT GIGI? JANGAN SEDIH, INI CARA MENGATASINYA!

Jatuh atau kecelakaan

Tak perlu terkejut, B’timers. Jatuh atau kecelakaan ternyata bisa menyebabkan gigi retak atau bahkan rusak. Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal ini. Namun salah satu penyebab utama sakit gigi yang datang tiba-tiba ini bisa menyebabkan sakit gigi parah. Apalagi jika garis fraktur melalui saraf gigi.

Cedera gigi ringan

Mungkin ketika dilakukan pemeriksaan menggunakan sinar-X, tidak tampak kerusakan apapun. Namun terkadang keretakan atau patah gigi yang terlalu kecil ini juga bisa menjadi sebab Anda tiba-tiba sakit gigi, B’timers. Dan cedera ringan didapatkan dari kebiasaan mengunyah atau rusaknya tambalan gigi.

Cara salah sikat gigi

Tidak tepatnya Anda menyikat gigi, bisa menyebabkan penyakit gusi, lho. Ya, ini karena ketika salah menyikat, gusi akan renggang, yang menyebabkan akar gigi mudah terkena sentuhan makanan yang Anda konsumsi. Inilah penyebab gigi normal bisa menjadi sensitif terhadap makanan panas atau dingin.

Dan sebenarnya tidak ada sakit gigi yang datang tiba-tiba, lho. Semuanya berawal dari kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Nah, setelah mengetahui penyebab utama sakit gigi yang datang tiba-tiba, Anda masih takut untuk datang ke dokter gigi, B’timers? (NO)

Share This Article