Tetap Semangat di Usia Senja, Ini Rahasianya | Breaktime
Tetap Semangat di Usia Senja, Ini Rahasianya
27.06.2015

Semakin hari tubuh akan menua dan kemampuan fisik juga akan ikut menurun. Sekalipun ada banyak kecanggihan dunia medis untuk memerangi penyakit lanjut usia, tak berarti bahwa Anda bisa bersantai begitu saja, bukan? Nah, berikut merupakan 10 tips yang bisa B’timers lakukan agar tetap sehat dan bersemangat saat memasuki usia lanjut:

Gali terus semangat

Sebelum Anda menjadi seorang pensiunan, aktiflah untuk menemukan berbagai hal baru yang menarik untuk dilakukan. When you start following your passion, magical things happen!  Aktiflah untuk mengetahui hal baru apa yang sedang ngetren untuk dilakukan dan perbanyaklah bersentuhan dengan berbagai situs inovatif dari luar yang berkaitan dengan ketertarikan Anda.

Satu bulan satu buku

Membaca bantu memori otak tetap aktif kapanpun dan di manapun
Membaca bantu memori otak tetap aktif kapanpun dan di manapun

Reading is the best way to keep your brain engaged! Bacalah apapun yang Anda inginkan dan menyenangkan, baik bacaan yang bertemakan ringan ataupun serius. Selain itu, targetkan bahwa dalam 1 bulan Anda sudah selesai membaca 1 buku sehingga memori otak Anda akan tetap aktif untuk menyerap berbagai informasi baru.

Olahraga ringan

Bila selama ini B’timers jarang untuk berolahraga, ubah kebiasaan lama ini menjadi lebih baik. Dr. Nick Cavil, salah seorang konsultan kesehatan menuturkan bahwa penting bagi Anda untuk tetap aktif di usia lanjut, bahkan menambah jenis aktivitas fisik di usia lanjut agar kalori tubuh lebih terbakar dan bebas dari lemak maupun kolesterol jahat.

Anda bisa rutin jalan pagi, lari, bersepeda, tenis, atau bahkan berkebun untuk melatih kelincahan gerak tangan dan kaki. B’timers juga bisa bergabung dengan komunitas tertentu agar makin semangat untuk berolahraga.

Makan makanan sehat

Lemak jenuh sangat tak bersahabat dengan tubuh Anda di usia yang kini tak lagi muda. Oleh karena itu, kurangi atau bahkan hindari konsumsi daging merah dan mentega. Perbanyaklah untuk mengonsumsi ikan kaya akan omega-3 yang bagus untuk daya ingat serta sayur dan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh dari pencernaan hingga peredaran darah.

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga pikiran Anda dengan hal-hal positif. Remember, you’re never too old to set another happy life and dream! Cheer up!

Share This Article