Tetap Sehat dengan Lakukan Peregangan di Kantor | Breaktime
Tetap Sehat dengan Lakukan Peregangan di Kantor
17.04.2016

Banyak pekerja kantor yang menghabiskan lebih dari 8 jam untuk duduk tanpa mengganti posisinya. Hal ini cukup buruk untuk kesehatan B'timers. Kok bisa? Ya, dengan duduk cukup lama, maka energi yang kita dapat dari makanan akan tidak digunakan dan pada akhirnya oleh tubuh diubah menjadi cadangan energi di beberapa bagian tubuh.

Yang membuatnya lebih berbahaya lagi adalah, apabila cadangan energi tersebut berupa glukosa bisa membuat Anda dengan mudah terserang diabetes. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa melakukan olahraga kecil berupa peregangan atau disebut juga dengan stretching. Penasaran seperti apa gerakannya? Ini dia:

Peregangan sikut

Peregangan ini cukup mudah dilakukan B'timers. Anda cukup mengangkat kedua tangan ke atas, lalu sentuh bahu kiri dengan kanan secara perlahan melalui bagian atas dan belakang kepala. Setelah itu raih siku kanan dengan tangan kiri kemudian tarik secara perlahan siku kanan ke kiri bawah dan tahan selama kurang lebih 10 detik. Lakukan peregangan ini dengan tangan yang berbeda.

Peregangan otot lengan dan punggung

Untuk melakukan gerakan yang satu ini Anda harus meluruskan kedua kaki dan tangan ke arah depan. Secara perlahan tarik tangan ke arah kaki dan cobalah untuk menyentuh ujung jari kaki. Apabila Anda kesulitan, bisa meminta tolong teman Anda agar mendorongnya secara perlahan. Setelah sampai, tahan selama kurang lebih 5 detik.

Tetap Sehat dengan Lakukan Peregangan di Kantor | Breaktime
Peregangan juga merupakan salah satu olahraga kecil yang menyehatkan

Peregangan bahu dan punggung

Peregangan yang satu ini memiliki fungsi untuk melenturkan kembali otot yang ada di bahu dan punggung. Caranya adalah satukan kedua tangan di belakang punggung. Pastikan keduanya saling bersentuhan lalu tarik dada ke arah luar sampai otot bahu dan punggung terasa meregang. Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 5 detik.

Peregangan otot leher

Gerakan yang satu ini perlu ketelitian dan harus dilakukan secara hati-hati B'timers. Cara melakukan gerakan ini adalah tundukkan kepala lalu putarlah dari arah kanan menuju kiri. Lakukan secara perlahan agar terhindar dari risiko terkilir.

Keempat gerakan peregangan tersebut akan membantu Anda dalam menyegarkan kembali otot-otot yang kaku dan tidak digunakan selama bekerja. Jadi dengan melakukan olahraga tersebut, Anda akan terhindar dari masalah pencernaan atau hal-hal berbahaya lainnya. Stay active and sporty, B'timers. (wsu)

Share This Article