Tes Alergi, Mulai Jarum Suntik Sampai Minum Obat | Breaktime
Tes Alergi, Mulai Jarum Suntik Sampai Minum Obat
23.11.2016

B’timers, dengan melakukan tes alergi, Anda bisa mengetahui apa yang menyebabkan alergi. Ini bisa dilakukan terutama untuk anak-anak Anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan jika anak Anda alergi jarum suntik, cara-cara lainnya siap membantu Anda dan buah hati. Namun perlu diingat, tes alergi ini bisa Anda lakukan hanya bila Anda sudah menjalani wawancara detail, tentang alergi yang dialami oleh anak Anda. Nah, inilah beberapa macam tes alergi yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui alergi pada anak.

Skin Prick Test (Tes tusuk kulit)

Tes ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan untuk alergen yang dihirup, seperti debu, serbuk bunga, tungau, serta alergen makanan seperti udang, kepiting, susu. Dan juga bisa dilakukan terhadap 33 jenis alergen lainnya atau lebih. Cara melakukan tes ini adalah dengan memberi alat khusus yang disebut dengan ekstrak alergen, dengan meneteskannya di atas kulit, lalu menggunakan jarum khusus dan bukan jarum suntik. Tes ini dilakukan pada kulit lengan bawah di bagian sisi yang dalam.

Patch Test (Tes tempel)

Tujuan tes ini untuk mengetahui alergi dengan penyebab kontak dengan bahan kimia, contoh kasusnya adalah penyakit seperti eksim atau dermatitis. Dilakukan untuk anak berusia minimal 3 tahun, tes dilakukan di kulit punggung, dengan menaruh bahan-bahan kimia yang sudah ditempatkan di wadah khusus disebut finn chamber kemudian ditempelkan di punggung anak. Hasil tes akan diketahui setelah 48 jam. Tes ini jelas sangat aman untuk anak Anda yang alergi jarum suntik.

Radio Allergo Sorbent Test (Tes RAST)

Tes dilakukan untuk mengetahui alergi makanan dan juga alergi hirup. Kalau tes yang ini bisa dilakukan pada anak dengan usia berapapun. Tes ini sendiri tidak memerlukan obat-obatan. Cara melakukannya adalah dengan memakai sampel darah anak sebanyak 2 cc, yang diproses menggunakan mesin khusus untuk komputerisasi. Bisa diketahui hasilnya dalam 4 jam.

Tes Alergi, Mulai Jarum Suntik Sampai Minum Obat | Breaktime
Lakukan tes alergi pada anak untuk kesehatannya

Tes kulit intrakutan

Kegunaan tes ini adalah mengetahui alergi yang dialami anak terhadap obat yang disuntikkan padanya. Tes alergi ini dilakukan untuk anak dengan usia minimal 3 tahun. Caranya adalah dengan menyuntikkan obat pada kulit lengan bagian bawah, obat ini harus meresap ke kulit di lapisan bawah. Untuk mengetahui hasil tesnya, Anda perlu menunggu selama 15 menit.

Tes provokasi obat

Cara ini bisa digunakan untuk mengetahui alergi anak terhadap obat yang ia minum. Tes provokasi obat bisa dilakukan terhadap anak dengan usia berapa pun. Prosedurnya adalah pasien meminum obat dengan perubahan dosis, yakni secara bertahap dinaikkan dosisnya. Hasilnya bisa ditunggu dengan interval waktu sekitar 15-30 menit. Dan hanya boleh mengetes satu macam obat dalam 1 hari.

Selain tes-tes tersebut, ada juga tes untuk mengetahui alergi makanan pada anak dengan cara provokasi dan eliminasi makanan. Kalau yang ini bisa dilakukan dengan mengetahui riwayat keluarga dan riwayat penyakit anak lebih dulu. Namun, hasil tes ini untuk alergi makanan baru bisa terlihat minimal setelah 2-3 minggu, barulah dilakukan tindakan selanjutnya. Caranya memang dengan menghindarkan anak dari makanan yang menyebabkan alergi selama 2-3 minggu, baru diketahui hasilnya. Meski demikian, tidak perlu khawatir anak akan mengalami kekurangan gizi, Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti makanan penyebab alergi dengan makanan lain yang mengandung gizi setara. Dan yang jelas, cara ini aman untuk anak yang memiliki alergi jarum suntik, B’timers. (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE