Ternyata Tak Selamanya Vitamin D Baik Bagi Tubuh | Breaktime
Ternyata Tak Selamanya Vitamin D Baik Untuk Tubuh
01.03.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Vitamin D juga memiliki efek samping untuk tubuh



Saat pagi hari, salah satu kegiatan yang paling menyenangkan adalah berjemur. Menikmati hangatnya matahari pagi. Apalagi untuk B’timers yang tinggal di dataran tinggi atau kawasan berudara sejuk, pasti akan sangat menikmati sekali matahari pagi. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau matahari pagi kaya akan vitamin D yang bermanfaat untuk tulang.

Ternyata, tahukah Anda bahwa mendapatkan vitamin D yang berlebihan juga nggak baik untuk tubuh, lho! Bahasa kerennya adalah terdapat efek samping. Nah, makanya B’timers harus tahu efek samping apa saja yang bisa dialami tubuh jika mendapatkan vitamin D dengan porsi yang berlebihan.

Siapa sangka kalau kelebihan vitamin D ternyata bisa menyebabkan keracunan seperti mual atau bahkan kehilangan nafsu makan. Kok bisa, ya? Keracunan vitamin D bisa mempengaruhi bagian berbeda dari organisme yang ada dalam tubuh. Itulah sebabnya gejala yang ditimbulkan juga berbeda, beberapa diantaranya ya mual dan kehilangan nafsu makan tersebut. Nah, kalau nggak segera diobati bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.

Sebenarnya vitamin D tidak hanya didapatkan dari sinar matahari, tetapi juga karena mengkonsumsi pil/kapsul vitamin. Jika dosis vitamin yang Anda konsumsi terlalu berlebihan, maka yang akan terjadi adalah Anda akan mengalami rasa haus terus-menerus. Jadi, sebaiknya periksa dosis vitamin yang dikonsumsi.

Ternyata Tak Selamanya Vitamin D Baik Bagi Tubuh | Breaktime
Terlalu banyak konsumsi vitamin D juga nggak baik

Efek samping yang cukup membahayakan dari mengkonsumsi vitamin D adalah beresiko tingga mengalami infeksi saluran kemih. Itu disebabkan dorongan ke kamar mandi lebih sering. Masih berhubungan karena Anda merasa haus terus-menerus, sehingga selalu ingin pergi ke kamar mandi.

Bahkan batu ginjal juga bisa jadi masalah besar. Selain memeriksa dosis, B’timers juga harus memantau tingkat kalsium dalam urin untuk setidaknya mengurangi resiko terjadinya batu ginjal.

Resiko yang paling parah jika terlalu berlebihan mengkonsumsi vitamin D adalah merusak jantung. Mengkonsumsi vitamin D yang berlebihan menyebabkan kadar kalsium dalam darah meningkat. Ini akan menyebabkan kerusakan jantung dalam jangka panjang.

Nah, jadi tidak selamanya vitamin D baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika B’timers mendapatkan vitamin D dengan cara mengkonsumsi pil/kapsul. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi, ya B’timers. Seperti kata pepatah semua hal yang berlebihan juga tidak baik. (vpd)

Share This Article