Ternyata Stres Datang dari Diri Sendiri! | Breaktime
Ternyata Stres Datang dari Diri Sendiri, Benarkah?
13.02.2016

Stres adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami tekanan batin yang mendalam akibat dari sebuah kejadian. Memang benar kalau stres melanda seserang setelah mengalami kejadian. Namun, stres juga bisa menghampiri seseorang karena alasan dari dalam diri sendiri. Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut beberapa hal yang bisa mendatangkan stres :

1. Peduli dengan apa yang orang lain pikirkan

Sebenarnya hal ini tidak begitu baik untuk dilakukan B'timers. Apapun yang orang pikirkan atau katakan tentang Anda adalah versi mereka sendiri. Dan apabila Anda terpengaruhi oleh hal tersebut bisa jadi hidup Anda tidak akan pernah tenang, karena Anda terpaksa melakukan apa yang menurut orang lain tersebut benar. Hentikan hal tersebut agar terhindar dari stres berat.

2 .Analisa berlebihan pada sebuah situasi

Memang baik apabila Anda mempersiapkan segalanya sebelum terjadi. Dan bisa menanggulangi masalah sebelum itu terjadi mungkin akan membuat Anda terlihat dewasa. Namun, sikap ini justru bisa membuat Anda sakit hati sendiri karena mungkin hal yang Anda khawatirkan tidak terjadi tapi Anda sudah memutuskan sesuatu sebagai pencegahan.

Mungkin itu baik dalam beberapa masalah, namun belum tentu hal ini bisa berlaku saat masalah itu terjadi dalam hubungan.

Ternyata Stres Datang dari Diri Sendiri! | Breaktime
Khawatir berlebihan juga bisa membuat Anda stres sendiri B'timers

3. Khawatir berlebih dengan kelemahan

Yang membuat manusia menjadi manusia sebenarnya adalah seimbangnya antara kelebihan dan kelemahan. Tapi, karena khawatir kelemahan tersebut membuat seseorang kehilangan status sosialnya, sulit melakoni kehidupan bisa berpotensi memunculkan stres berkepanjangan. Hindari hal ini agar hidup Anda terbebas dari stres

4. Mengambil alih masalah orang lain

Dalam beberapa poin mungkin hal ini berdampak baik dan Anda pun bisa merasakan dampak baiknya. Tapi, dalam beberapa kondsisi juga hal ini justru berbalik menyerang hati dan pikiran Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mengistirahatkan pikiran dengan tidak ikut campur masalah orang lain terlalu dalam kalau Anda masih belum mampu.

5. Berkumpul dengan orang yang membuat Anda sedih

Berkumpul di tempat nongkrong yang sama dengan mereka yang membenci Anda juga bisa membuat Anda stres B'timers. Kenapa bisa begitu? Itu disebabkan karena emosi yang tidak bisa ditahan di dalam diri akan menggebu-gebu dan membuat Anda mengalami gangguan mood. Jangan pelihara kondisi ini dan berusahalah untuk pindah dari tempat itu dengan santai.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat Anda mengalami stres. Kelimanya berasal dari pikiran dan keputusan Anda, jadi untuk mengatasinya adalah menghentikan diri Anda sendiri untuk berpikir seperti itu. Selamat mencoba. (wsu)

Share This Article