Kita Bisa Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Tangan | Breaktime
Ternyata, Kita Bisa Tahu Kondisi Kesehatan Tubuh Lewat Tangan
28.10.2015

Kesehatan memang sangat penting untuk dijaga. Menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat sudah menjadi keharusan bagi B’timers yang peduli dengan kesehatan. Namun, terkadang ada saja tanda-tanda yang menunjukkan kondisi tubuh tak sehat, seperti misalnya gejala yang terlihat dari tangan. Ya, tangan juga bisa menunjukkan kondisi tubuh yang sebenarnya lho, seperti gejala penyakit yang mungkin Anda alami. Seperti apakah itu?

Panjang jari menunjukkan resiko arthritis

Kita Bisa Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Tangan | Breaktime
Panjang jari menunjukkan resiko arthritis

Wanita yang memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk dua kali lebih beresiko terkena osteoarthritis di bagian lutut, demikian menurut sebuah studi Arthritis & Rheumatism. Tingkat estrogen yang rendah bisa jadi merupakan faktor penyebabnya. Pada pria, kondisi jari seperti ini menunjukkan kemungkinan gejala kanker prostat yang lebih tinggi.

Tangan gemetar menunjukkan gejala Parkinson

Kita Bisa Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Tangan | Breaktime
Tangan yang gemetar bisa jadi merupakan gejala Parkinson

Tangan yang sering gemetar mungkin disebabkan oleh faktor-faktor sederhana seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein atau efek sampan konsumsi obat-obatan. Namun, bisa jadi itu merupakan gejala awal Parkinson, gangguan yang menyebabkan tangan gemetar tak terkendali.

Warna kuku menunjukkan gejala penyakit ginjal

 

Kita Bisa Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Tangan | Breaktime
Warna kuku menunjukkan gangguan pada ginjal

Berdasarkan penelitian di India yang dilakukan terhadap 100 orang pasien penyakit ginjal, 36 persen di antaranya memiliki kuku dengan separuh-separuh warna kuku, yakni warna putih di bagian bawah dan cokelat di kuku bagian atas. Ini mungkin disebabkan konsentrasi hormon tertentu yang meningkat dan anemia kronis.

Kekuatan genggaman menunjukkan kesehatan jantung

Kita Bisa Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Tangan | Breaktime
Genggaman Anda menunjukkan kondisi jantung Anda

Genggaman tangan yang lemah menunjukkan resiko lebih tinggi untuk penyakit jantung, demikian menurut studi Lancet yang dilakukan terhadap hampir sejumlah 140.000 orang dewasa di 17 negara. Kekuatan genggaman bisa memprediksi kematian lebih baik daripada tekanan darah.

Baja Juga : HARRY STYLES JAGA KESEHATAN LEWAT YOGA DAN MEDITASI

Tangan berkeringat menunjukkan hiperhidrosis

Kita Bisa Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Tangan | Breaktime
Tangan mudah berkeringat menunjukkan gejala hiperhidrosis

Tangan yang mudah basah karena berkeringat bisa jadi menunjukkan gejala menopause atau kondisi tiroid, sama halnya seperti hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang sangat mudah berkeringat, lebih dari normal atau yang seharusnya.

Itulah gejala-gejala kondisi atau penyakit tertentu yang dapat dideteksi dari tangan. Namun, belum tentu jika B’timers mengalami tanda-tanda di atas berarti memang mengalami gejala penyakit tersebut. Ada banyak faktor lain yang berpengaruh. Karenanya, jika Anda merasakan atau mengalami gejala atau tanda-tanda aneh pada tubuh, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter. 

Share This Article