Ternyata Ini Lho, Cara Mandi yang Benar | Breaktime
Ternyata Ini Lho, Cara Mandi yang Benar
25.03.2016

Mandi adalah kebutuhan yang teramat sangat penting dan harus dilakukan. Dengan mandi, tubuh menjadi bersih dan aman dari kuman penyebab penyakit. Karena itu, setidaknya B’timers harus mandi minimal 2 kali sehari, bukan?

Namun benarkah bahwa dengan mandi tubuh akan terlindungi dari kuman jahat? Tentu saja, asal cara mandi yang Anda lakukan benar. Yuk, simak lagi sudah tepatkah cara mandi Anda selama ini dengan membaca cara mandi yang benar dari para ahli berikut.

Dinginkan air

Mandi dengan air hangat memang menenangkan, namun air hangat yang cenderung panas akan mengikis kelembaban kulit. Lauren Ploch, M.D. (dermatolog di New Orleans' Ochsner Medical Center) mengatakan air panas dapat mengurangi minyak alami dari kulit tubuh. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda mandi dengan air yang lebih dingin. Namun jika tak bisa mandi tanpa air panas, ubah suhu air jadi suam-suam kuku setelah beberapa menit mengguyur tubuh dengan air panas.

Ternyata Ini Lho, Cara Mandi yang Benar | Breaktime
Mandi dengan air dingin akan menjaga kelembaban kulit

Jangan lama-lama

“Mandi idealnya berlangsung selama 5 hingga 10 menit,” jelas Marie Jhin, M.D., ahli dermatolog San Francisco. Menurutnya, cara mandi yang benar setidaknya adalah 2 kali sehari. Namun, mandi 2 kali sehari justru akan membuat kulit semakin kering jika dilakukan dalam watu yang lama. Karena itu, ia menekankan bahwa yang terpenting adalah kualitas, bukan kuantitas.

Keramas: cuci, bilas, ulangi

Aturan keramas tentang “cuci-bilas-ulangi” memang sudah ada sejak sangat lama. Namun Grossman mengatakan Anda hanya perlu mengulangi mencuci dengan sampo jika Anda memiliki kulit kepala yang super berminyak. Jika rambut dan kulit kepala Anda baik-baik saja, cukup pakai sampo sekali saja ya, B’timers! Nah, jika rambut Anda tebal dan cenderung kaku, pakai kondisioner dari tengah hingga ujung rambut dan biarkan sedikit lebih lama sebelum dibilas.

Ternyata Ini Lho, Cara Mandi yang Benar | Breaktime
Ulangi keramas jika kulit kepala sangat berminyak

Bersihkan bagian yang penting

Berhubungan dengan poin kedua, Anda hanya perlu membersihkan bagian yang penting dan dianggap sangat kotor untuk mempersingkat waktu mandi. Bagian-bagian penting tersebut adalah pangkal paha, pantat, bawah payudara, ketiak dan belakang telinga. Jangan lupa membersihkan daerah vital dengan cara yang lembut menggunakan sabun atau pembersih khusus.

Kapan menyikat gigi?

Waktu menyikat gigi yang benar adalah setelah keluar dari kamar mandi, biasanya dilakukan di depan wastafel. Menurut para ahli, menggosok gigi saat mandi akan menambah bau tidak sedap pada sekitar kamar mandi. Selain itu juga berpotensi menambah jumlah kuman semakin banyak.

Nah, semoga informasi di atas menambah wawasan tentang cara mandi yang benar, serta memperbaiki jika cara mandi Anda selama ini kurang tepat. Selamat beraktivitas! (nap)

Share This Article