Ternyata Ini Hubungan Tidur dengan Penuaan Dini | Breaktime
Ternyata Ini Hubungan Tidur dengan Penuaan Dini
21.04.2016

What?! Kenapa lingkaran hitam di bawah mata dan garis-garis halus harus muncul saat ini, sih?  Mungkin semalam Anda tidak tidur nyenyak, B’timers. Kebanyakan orang memang akan mendapatkan kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam melewatkan waktu tidur. Bahkan dari beberapa penelitian ditunjukkan, bahwa ada hubungan erat antara tidur dengan penuaan dini, lho, B’timers!

Hubungan tidur dengan penuaan dini

Selama bertahun-tahun, dikatakan bahwa kurang tidur dapat berdampak pada memori otak dan kinerja kognitif. Yang akan terdengar cukup mengerikan bagi semua wanita adalah, berdasarkan penelitian terbaru, kurang tidur juga bisa menyebabkan kulit menjadi tua lebih cepat, lho, B’timers. Oh, tidaaak!

Dalam sebuah uji klinis yang dilakukan oleh dokter dan ilmuwan di University Hospital (UH) Case Medical Center menemukan bahwa, mereka yang tidur tidak nyenyak akan menunjukkan peningkatan penuaan dini pada kulit, terutama pada area wajah.

Ternyata Ini Hubungan Tidur dengan Penuaan Dini | Breaktime
Perawatan wajah yang tepat dapat menyamarkan kerutan

Yang terjadi pada tubuh saat kurang tidur?

Bila Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup dalam beberapa malam, tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol lebih banyak. Nah, dalam jumlah berlebih, kortisol dapat memecah kolagen kulit, yaitu sejenis protein yang dapat membuat kulit halus dan elastis.

Selain itu, hormon pertumbuhan tubuh juga akan meningkat, yang selain dapat menyebabkan tulang melemah dan penurunan massa otot, bisa membuat kulit kendur. Jadi jangan heran ketika Anda sering terlambat pergi tidur, kerutan di dahi dan bawah mata menjadi terlihat.

Lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut?

Penuaan pada manusia akan semakin cepat terjadi ketika Anda terlalu sering kurang tidur, B’timers. Dan sayangnya tubuh kita tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri untuk menghilangkan tanda penuaan yang telah muncul.

Tapi jangan khawatir, B’timers! Karena ada cara untuk mengatasi penuaan dini yang terjadi akibat kurang tidur. Bagaimana? Jika kurang tidur dapat menambah kerutan di wajah Anda dan bagian tubuh lain, maka tidur cukup adalah solusinya!

Ternyata Ini Hubungan Tidur dengan Penuaan Dini | Breaktime
Tidur cukup untuk wajah cantik

Well, meskipun ada banyak produk kecantikan yang dapat mengurangi timbulnya kerutan, tapi cara alami tetap lebih baik, bukan? Nah, jangan sepelekan lagi hubungan kurang tidur dengan penuaan dini, ya, B’timers? (NO)

Share This Article