Ternyata, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar | Breaktime
Ternyata, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar
18.03.2016

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan mencuci tangan kan? Kebiasaan yang satu ini mungkin terlihat remeh atau kegiatan kecil saja, tapi bisa menyelamatkan seseorang dari penyakit pencernaan. Karena alasan tersebutlah, Breaktime akan membahas tentang cara mencuci tangan yang benar.

Seperti yang kita ketahui, tangan adalah salah satu alat gerak yang digunakan manusia setiap harinya. Karena terlalu sering digunakan, maka semakin banyak juga kesempatan bibit penyakit untuk menempel di kulit. Dari sanalah mencuci tangan berperan penting untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa langkah-langkahnya, berikut penjelasannya:

Ternyata, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar | Breaktime
Cuci tangan adalah langkah pertama pencegahan penyakit berbahaya

Siapkan air hangat

Air yang digunakan untuk mencuci tangan yang baik adalah air hangat. Siapkan air hangat sebanyak satu mangkuk bersih. Usahakan temperatur airnya tidak terlalu panas agar kulit tangan tidak terluka karenanya. Dan juga usahakan tidak terlalu dingin juga.

Sediakan sabun anti bakteri

Sabun berperan penting dalam membunuh kuman. Sabun yang diciptakan khusus untuk cuci tangan berbeda dengan sabun mandi atau sabun untuk membersihkan alat makan. Usahakan menggunakan sabun anti bakteri yang digunakan untuk tangan B'timers.

Bersihkan sela jari

Cara mencuci tangan yang benar selanjutnya adalah balurkan sabun anti bakteri yang sudah disediakan tadi di seluruh bagian tangan. Bersihkan setiap sela jari dan juga kuku Anda. Jangan lewatkan titik manapun sekecil apapun agar seluruh permukaan tangan dilapisi sabun anti bakteri. Kemudian celupkan tangan Anda ke air hangat.

Bilas dengan air bersih

Gunakan air yang mengalir untuk melakukan pembilasan. Air yang mengalir dari keran bisa Anda pakai kali ini. Bilas merata ke seluruh bagian tangan dan jangan sampai terlupa di sela-sela tangan Anda.

Keringkan

Apabila Anda memiliki mesin pengering, Anda bisa menggunakannya agar lebih mudah. Tapi, selain cara itu Anda juga bisa menggunakan kain bersih bewarna putih untuk mengelap kering sisa cuci tangan. Mengapa putih? Alasannya adalah agar Anda tahu, seberapa bersih Anda menggosok semua bagian tangan Anda.

Nah, bagaimana B'timers? Cukup mudah bukan? Cara mencuci tangan yang benar tersebut bisa Anda terapkan di rumah sejak sekarang. Semakin cepat Anda mencegah penyakit, semakin kecil pula kemungkinan seseorang mengalami sakit. (wsu)

Share This Article