Fakta Menarik Seputar Masuk Angin! Ini Dia Ulasannya | Breaktime
Ternyata, Bukan Angin yang Menyebabkan ‘Masuk Angin’
27.07.2015

Walaupun tidak dikenal dalam dunia kedokteran, akan tetapi istilah ‘masuk angin’ atau dalam bahasa Inggris disebut dengan nama catching cold ini dialami oleh banyak orang di seluruh dunia dari waktu ke waktu.

Tidak sedikit dari orang-orang awam yang mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan karena cuaca dingin atau terlalu sering berada di luar ruangan dan tertempa angin. Akan tetapi, benarkah ‘masuk angin’ ini disebabkan karena cuaca atau suhu dingin?

Menurut Jennifer Ackerman, penulis buku Ah-choo! The Uncommon Life of Your Common Cold, ‘masuk angin’ bukanlah disebabkan oleh cuaca atau hawa dingin yang menerpa tubuh. Bahkan dengan mengenakan pakaian hangat dan mengonsumsi vitamin C tidak dapat menolong B’timers untuk terhindar dari serangan ‘masuk angin’.

Dengan turunnya sistem imun tubuh, maka virus flu akan mudah menghinggapi seseorang
Dengan turunnya sistem imun tubuh, maka virus flu akan mudah menghinggapi seseorang

‘Masuk angin’ merupakan gabungan dari kelelahan fisik, terlambat makan, serta stres pikiran yang ditandai gejala mirip influenza. Saat ketiga hal tersebut bergabung, maka terjadilah pembentukan gas yang berlebih di lambung dan usus sehingga mengakibatkan begah yang membuat seseorang merasa mual atau ingin muntah.

Di saat seseorang sudah mulai dihinggapi penyakit satu ini, maka sistem imun akan menurun dan secara otomatis memicu mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Nah, efek dari mekanisme vasoconstriction yang ditambah dengan menurunnya sistem imun, membuat tubuh rentan terkena serangan virus.

Walaupun belum ada penjelasan detail mengenai ‘masuk angin’ dari segi medis, secara tradisional penyakit ini bsia disembuhkan dengan cukup berisitrahat dan mengonsumsi makanan serta minuman hangat.

Nah, sudah tahu kan, jika ‘masuk angin’ itu bukan disebabkan oleh angin yang benar-benar masuk ke dalam tubuh? Maka dari itu, pastikan B’timers cukup beristirahat, makan tepat waktu, dan jaga pikiran tetap fresh agar tak terserang ‘masuk angin’.

Share This Article