Berdiri Bisa Turunkan Risiko Diabetes! Kok Bisa? | Breaktime
Ternyata Berdiri Bisa Turunkan Risiko Diabetes! Kok Bisa?
17.01.2016

Siapapun di dunia ini pastinya tak ingin “berkawan akrab” dengan diabetes. Namun, apa mau dikata bila selama ini Anda memang secara medis mengidap penyakit gula tersebut? Bayangan hidup tak lepas dari berbagai obat-obatan maupun rutin suntik insulin, seolah jadi pemandangan yang menyeramkan.

Namun, tahukah Anda bahwa kondisi pasien diabetes tipe kedua dapat diperbaiki melalui gaya hidupnya? Sebab, gaya hidup tidak sehat seperti duduk terlalu lama ternyata masih menjadi penyabab utama berbagai penyakit serius, termasuk diabetes.

Oleh karena itu, Dr. Joseph Henson dari Leicester Diabetes Centre melakukan penelitian mendalam seputar kondisi pasien diabetes. Hasilnya, orang yang  berdiri secara rutin dalam interval waktu tertentu mampu menurunkan risiko penyakit diabetes yang dialaminya.

Hasil penelitian yang dilakukan Dr. Joseph ini melibatkan 22 wanita yang mengalami obesitas dan terkena penyakit diabetes tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa menyelingi waktu duduk 30 menit dengan berdiri selama 5 menit dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah sarapan dan makan siang sebanyak 34%.

Berdiri Bisa Turunkan Risiko Diabetes! Kok Bisa? | Breaktime
Luangkan waktu untuk berdiri selama 5 menit usai duduk 30 menit

Angka ini hampir sama dengan penurunan sebanyak 28% yang diperoleh dari hasil jalan-jalan. Konsentrasi insulin menurun hingga 20% ketika tubuh B’timers berdiri dan 37% ketika Anda jalan-jalan. Menariknya, penurunan gula darah ini mampu bertahan selama 24 jam, lho! Kini, hidup empat juta orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 dapat lebih tercerahkan.

Bahkan, bila dihitung secara ekonomi, meluangkan waktu untuk berdiri selama 5 menit setelah duduk 30 menit dapat menghemat biaya berobat di NHS sebanyak 10 juta Euro selama setahun. Waduh, siapa sih yang tak ingin memangkas biaya berobat sebanyak itu?

Pada dasarnya, diabetes tipe 2 berkembang ketika tubuh kekurangan insulin. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah tubuh sangat banyak. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa dengan berdiri maka tubuh akan menyerap gula darah dan mengubahnya sebagai energi yang kemudian disalurkan pada otot .

Meski begitu, Dr. Alasdair Rankin dari Diabetes UK menegaskan bahwa bukan berarti berdiri saja sudah cukup untuk mencegah diabetes tipe 2. Yap, tentu dibutuhkan pula usaha lain seperti berolahraga secara rutin dan selektif memilih makanan sehat.

Nah, yuk bangkit sejenak dari posisi duduk Anda dan berdirilah selama lima menit saja. (vsc)

Share This Article