Ternyata Anda Bisa Cek Kesehatan Lewat Kuku Lho | Breaktime
Ternyata Anda Bisa Cek Kesehatan Lewat Kuku Lho
09.10.2017

Banyak dari Anda pastinya sering mendengar tentang ramalan nasib dengan melihat garis tangan. And well, cukup banyak juga lho yang mempercayainya. Nah, tahukah Anda kalau ternyata Anda bisa cek kesehatan lewat kuku? Percaya tak percaya, tidak semua penyakit menunjukkan gejala penyakit seperti batuk-batuk atau demam. Tapi yang jelas, tubuh memberikan sinyal-sinyal tertentu pada Anda, salah satunya melalui kuku Anda.

Cek kesehatan lewat kuku sudah lama dijadikan salah satu pedoman bagi dokter untuk mendiagnosa penyakit yang mungkin Anda derita, jadi ini bukan sekadar ramalan ngawur. Warna dan tekstur dari kuku kita umumnya berwarna merah muda dengan tekstur kuku yang mulus dan kokoh. Nah, ada kalanya satu hal membuatnya berubah, bisa jadi disebabkan oleh hal-hal minor seperti kekurangan zat vitamin. Tapi ada kalanya juga merupakan pertanda dari penyakit gawat yang wajib segera ditangani. Perubahan kuku seperti apa nih yang wajib diwaspadai?

Perubahan Warna Pada Bantalan Kuku

Bantalan kuku normal dan sehat memiliki warna merah muda. Dan jika Anda melihat warna bantalan kuku Anda berubah jadi warna lain, Anda wajib waspada. Warna bantalan kuku yang berubah menjadi warna merah gelap bisa menjadi indikasi dari penyakit jantung. Sedangkan jika warna merah tersebut merebak hingga ke sisi kuku dan bagian kutikula maka itu pertanda dari penyakit Lupus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Dampak Buruk Sashimi Ayam Tak Senikmat Rasanya

Warna bantalan kuku yang berubah menjadi warna biru keunguan bisa jadi merupakan gejala dari hypoxia. Hypoxia adalah suatu kondisi medis dimana darah tidak memiliki cukup asupan oksigen untuk diedarkan ke seluruh anggota tubuh, termasuk kuku. Selain warna kuku yang berubah jadi warna biru, biasanya Anda juga mengalami gangguan pada organ hidung, telinga, dan tangan.

Munculnya Garis-Garis Hitam Vertikal pada Kuku

Tidak banyak yang mengetahuinya, tapi munculnya garis-garis hitam yang memanjang mulai dari kutikula hingga ujung kuku bukan pertanda yang baik. Apalagi jika sampai disertai dengan rasa sakit pada kuku Anda. Besar kemungkinan itu merupakan gejala dari kanker kulit ganas yang disebut dengan melanoma. Untuk lebih jelasnya lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin, B’Timers.

Ternyata Anda Bisa Cek Kesehatan Lewat Kuku Lho | Breaktime
Hayo, jangan lupa cek kesehatan lewat kuku!

Kuku Kering dan Rapuh

Kuku yang mudah patah memang sangat mengganggu, bahkan juga bisa mempengaruhi kepercayaan diri empunya. Penyebab dari kuku kering, retak, dan mudah patah bisa bermacam-macam. Bisa karena disebabkan oleh gaya hidup dimana tangan Anda sering terkena kontak dengan air (berprofesi sebagai dish-washer atau atlet renang), dan bisa juga disebabkan karena Anda terlalu sering mengenakan kuteks. Yang memang, kuteks mengandung bahan-kimia yang berpengaruh terhadap struktur kuku.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mengembalikan Suara Hilang Secara Alami

Tapi, kuku rapuh juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Anda bisa jadi menderita infeksi jamur atau terdapat masalah pada kelenjar tiroid. Kekurangan vitamin A, vitamin C, atau vitamin B juga bisa jadi penyebabnya, lho.

Clubbing

Gejala dari clubbing kuku yang paling terlihat jelas adalah kuku Anda menjadi melengkung dan membesar, dengan kesan seakan kuku tersebut membengkak. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Umumnya disebabkan oleh rendahnya pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh Anda, atau bisa juga merupakan salah satu indikasi dari penyakit paru-paru. Tapi, juga tak menutup kemungkinan bahwa itu adalah gejala dari penyakit ginjal, gangguan organ hati,  penyakit jantung, pembengkakan pada usus perut, bahkan AIDS.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Apa Saja Nih Manfaat Green Juice untuk Sarapan?

Itu masih beberapa saja, B’Timers. Hanya saja, yang jelas Anda tidak boleh hanya mengandalkan hasil cek kesehatan lewat kuku saja, tapi juga dari gejala kesehatan lain yang muncul. Untuk mencegah masalah kesehatan yang timbul, jaga terus kesehatan dengan memenuhi asupan nutrisi makanan.  Dan jangan lupa, perhatikan bentuk kuku Anda lebih seksama, karena bisa jadi dari sanalah orang bisa melihat kepribadian Anda, lho.  (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE