Ternyata Ada Yoga untuk Hilangkan Insomnia, Lho! | Breaktime
Ternyata Ada Yoga untuk Hilangkan Insomnia, Lho!
01.04.2016

Masalah terbesar bagi orang dewasa mungkin adalah insomnia. Susah tidur memang akan membuat kita kerap merasa lemas dan tidak bertenaga saat bekerja di pagi hari karena mengantuk. Namun, ternyata susah tidur, kelainan tidur atau sering terbangun di malam hari bisa diatasi dengan bantuan yoga. Benarkah?

Ya, ternyata, selain merelaksasi pikiran dan mengurangi ketegangan otot, yoga sangat membantu mengatasi masalah tidur. Namun, tidak semua gerakan yoga berfungsi untuk itu. Nah, jika Anda ingin terselamatkan dari insomnia yang menyiksa, ikuti aturan yoga berikut ini ya, B’timers!

Meditasi singkat

Saat Anda beranjak untuk tidur, matikan lampu termasuk smartphone, televisi komputer atau laptop. Singkirkan juga buku Anda. Duduk dengan posisi bersila seperti meditasi di tempat tidur Anda. Tidak perlu duduk tegak dan seberat saat meditasi dalam yoga, Anda boleh menyandarkan kepala sedikit di bantal atau headboard. Istirahatlah dan atur pernapasan. Intinya, jangan biarkan diri Anda melakukan apa-apa selain bernapas.

Ternyata Ada Yoga untuk Hilangkan Insomnia, Lho! | Breaktime
Tak perlu seberat meditasi di yoga

Putar badan

Masih dalam posisi duduk bersila Anda, tarik napas dan duduk tegak. Lalu hembuskan napas sambil memutar badan ke kiri. Lakukan twist selama beberapa kali sambil tarik napas dalam-dalam dan buang napas sambil memutar tubuh ke depan lagi. Lakukan hal yang sama ketika memutar tubuh ke kenan.

Cross-legged bend

Masih dalam posisi duduk bersila Anda, bungkukkan badan ke depan pelan-pelan hingga pinggul, punggung, kepala dan kedua tangan berada pada satu garis lurus. Kedua tangan Anda harus menyentuh tempat tidur. Lakukan gerakan ini selama beberapa detik sambil tetap menarik napas dalam-dalam. Rasakan peregangan di pinggul dan punggung yang tentunya juga sangat relaxing.

Ternyata Ada Yoga untuk Hilangkan Insomnia, Lho! | Breaktime
Pastikan telapak tangan menyentuh tempat tidur

Kencangkan kaki

Perlahan-lahan selonjorkan kaki Anda ke depan. Tarik napas dan duduklah dengan tegak. Kemudian, hembuskan napas pelan-pelan sambil meraih kaki Anda pada bagian ujung jari kaki Anda. Tekuk lutut Anda sebanyak yang diperlukan untuk menjaga punggung tetap lurus. Pose ini adalah hamstring stretch terbaik untuk relaksasi dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

Ternyata Ada Yoga untuk Hilangkan Insomnia, Lho! | Breaktime
Gerakan terbaik untuk meralaksasi tubuh

Tidur

Setelah itu, Anda boleh melakukan peregangan kecil untuk melemaskan otot sambil mengibaskan lengan. Kemudian, ambillah posisi tidur, angkat kaki ke atas sebentar dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Turunkan, kemudian pejamkan mata dan tidurlah dengan nyenyak.

Nah, itulah tips melakukan yoga sebelum tidur untuk menghilangkan gangguan insomnia yang jahat. Selamat mencoba dan semoga tidur Anda nyenyak ya, B’timers! (nap)

Share This Article