Terkuak Fakta Baru Penyebab Mata Kedutan! | Breaktime
Terkuak Fakta Baru Penyebab Mata Kedutan!
13.09.2017

B’timers pasti pernah merasakan mata kedutan. Kata orang tua, ketika mata kanan atau kiri mengalami kedutan itu berarti ada makna tertentu. Menurut kepercayaan yang beredar di kalangan masyarakat, ketika seseorang mengalami mata kedutan, ada orang lain yang membicarakan. Padahal jika dianalisis lagi, hal tersebut sama sekali tidak ada hubungannya. Bagaimana bisa mata kedutan dihubungkan dengan orang lain yang membicarakan kita? Ada – ada saja.

Lalu, sebenarnya apa sih yang membuat mata kedutan? Adakah obat yang bisa mengatasi mata kedutan? Ketika mengalami mata kedutan memang akan membuat siapapun tidak nyaman, karena mata akan bergerak-gerak sendiri. Sebelum cari tahu lebih banyak tentang penyebab mata kedutan, coba lakukan cara ini untuk menghentikan mata kedutan.

Ketika Anda mengalami mata kedutan, rasa ketidaknyamanan akan ikut muncul. Saat itu, sebaiknya Anda berhenti melakukan apapun. Istirahatlah dengan keadaan mata tertutup. Anda juga bisa mengompres mata dengan air dingin atau memberikannya obat tetes mata ringan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini 3 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Rudrani Banik, seorang Associate Professor Ophthalmology dari New York Eye and Ear Infirmary, Mount Sinai New York merekomendasikan untuk menyimpan obat tetes mata di lemari es untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengatasi masalah mata kedutan. Ketika mengalami mata kedutan, hindari untuk menggosok atau mengucek mata dengan ujung jari, karena dapat memindahkan bakteri atau kotoran.

Tak cukup dengan cara mengatasi mata kedutan, B’timers juga harus tahu apa penyebab sebenarnya mata kedutan? Faktanya, ada beberapa faktor yang menyebabkan mata kedutan, yaitu stress, kelelahan, ketegangan pada mata, kafein, alkohol, mata kering, gizi yang tidak seimbang, dan alergi pada mata.

Ketika seseorang merasa stress, reaksi terhadap tubuh akan berbeda-beda. Salah satu efek stress adalah dengan mata yang berkedut. Apalagi jika ini berkaitan dengan masalah penglihatan atau ketegangan yang terjadi pada mata seperti menatap layar komputer terlalu lama. Untuk menghentikannya, Anda bisa istirahat, hangout bersama teman, atau bermain dengan hewan peliharaan. Sekiranya melakukan kegiatan yang bisa menghapus stress.

Terkuak Fakta Baru Penyebab Mata Kedutan! | Breaktime
Penyebab dan cara mengobati mata kedutan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Air Kelapa Untuk Kejantanan Pria

Selain stress, kelelahan juga bisa menjadi faktornya. Misalnya saja Anda kurang tidur. Hal ini biasanya terjadi pada para pekerja. Kurang istirahat bisa memicu mata untuk berkedut. Well, tidur sebentar saja bisa jadi solusi terbaik untuk masalah ini.

Kalau sudah merasa lelah, seseorang pasti akan membuat dirinya tetap bugar dengan mengonsumsi kafein. Namun, ternyata kafein juga bisa menjadi faktor mata kedutan. Coba saja untuk mengurangi konsumsi kopi, teh, dan coklat dalam waktu satu sampai dua minggu. Jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat yang cukup. Mata kedutan Anda pasti tak akan terjadi lagi.

Semua hal tersebut, mulai dari stress hingga kelelahan nantinya akan membuat mata kering. Hal ini lebih sering terjadi pada orang-orang dewasa. Penyebab mata kering sendiri juga bisa dari menatap komputer terlalu lama, minum obat tertentu, termasuk juga mengonsumsi kafein dan alkohol.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ampuh, Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!

Terakhir adalah alergi. Ini bisa jadi penyebab lain dari mata kedutan. Orang yang memiliki alergi mata biasanya akan mengalami mata bengkak, gatal, dan berair. Ini yang membuat Anda memiliki hasrat untuk mengucek atau menggosoknya. Padahal saat mata digosok, akan melepaskan histamin ke dalam jaringan air mata. Histamin inilah yang menyebabkan kelopak mata berkedut.

Namun, jika Anda mengalami kelopak mata yang berkedut secara terus menerus, langsung saja konsultasikan ke dokter. Pada intinya, istirahat yang cukup dan pola hidup sehat sangat dianjurkan dalam hal ini. Termasuk dengan salah satu cara ini yang mampu membuat hidup Anda tetap sehat sampai tua nanti. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE