Tengkurap, Menyamping, Atau Terlentang. Mana Posisi Terbaik Saat Tidur? | Breaktime
Tengkurap, Menyamping, Atau Terlentang. Mana Posisi Terbaik Saat Tidur?
12.04.2018

Ternyata, posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan kamu loh! Posisi tidur yang baik akan bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Lalu, posisi tidur yang seperti apa yang paling baik agar kamu punya kualitas tidur yang baik pula?

1. Posisi Tengkurap


Tidur tengkurap (image-inovasee.com)

Kelebihan: mengurangi kebiasaan mengorok dan juga mengurangi gangguan serius pada pernapasan yang terjadi saat tidur di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit atau biasa disebut sleep apnea.

Kelemahan: Tulang belakang tidak ada di bentuk semestinya yang akan mengakibatkan sakit punggung bagian bawah. Serta akan membuat otot leher tertarik karena leher mendapat tekanan berlebih.

2. Tidur Menyamping


Tidur menyamping (image-tistory.com)

Kelebihan: tidur menyamping ke arah kiri akan menurunkan asam lambung, memperlancar peredaran darah, merangsang racun dari kelenjar getah bening, serta memperlancar pencernaan.

Kelemahan: Posisi menyamping ke arah kiri akan memberikan tekanan pada perut dan paru-paru, menyebabkan kesemutan, serta rasa nyeri di pundak.

3.Tidur Terlentang


Tidur terlentang (image-blogspot.com)

Kelebihan: menjaga kesehatan tulang belakang dan leher, memperlancar pernapasan apalagi jika dilakukan tanpa bantal. Kulit wajah, leher, dan dada akan terbebas dari tekanan dan kerutan.

Kelemahan:Untuk penderita sleep apnea dan suka mengorok, hindari tidur terlentang karena tidur terlentang adalah penyebab seseorang tidur mengorok dan mengalami sleep apnea.


Jadi, setiap posisi tidurmu, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. Mungkin akan lebih baik jika tidur dengan posisi yang berganti-ganti. Tapi bagi yang tidak memiliki gangguan tidur mengorok dan sleep apnea, lebih tidur terlentang agar tulang belakang dan leher bisa dalam posisi yang baik serta memperlancar pernapasanmu saat tidur ya....

 


artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE