Telur Bebek vs Telur Ayam, Mana yang Lebih Sehat? | Breaktime
Telur Bebek vs Telur Ayam, Mana yang Lebih Sehat?
25.05.2015

Telur Ayam vs Telur Bebek

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dibilang paling sering dijumpai. Hal ini takk lepas dari harga yang lebih terjangkau daripada daging dan juga juga banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Compare with others, telur ayam merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan telur bebek, apakah rendahnya gizi yang membuatnya kalah pamor ataukah yang lainnya. Sebenarnya mana yang lebih baik dalam hal gizi antara telur ayam dan juga bebek? 

Dilihat dari ukurannya, telur bebek jauh lebih unggul dibandingkan dengan ayam. Lalu bagaimana dengan kandungan nutrisinya? Dalam 100 gram telur bebek terkandung 185 KCal energi. Sedangkan dalam ukuran yang sama, telur ayam hanya memiliki 149 Kcal.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Junk Food

Kandungan mineral yang ada di dalam telur bebek seperti halnya magnesium, selenium, sodium, zat besi, fosfor, dan juga potasium, ternyata juga lebih besar dibandingkan dengan telur ayam.

Telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam
Telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam

Untuk lemak, telur bebek memang mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi, yaitu 3.68 gram (dalam 100 gram telur bebek). Sedangkan kandungan lemak jenuh dalam ayam hanya 3.1 gram. Tapi, ternyata telur bebek juga lebih kaya lemak tak jenuh, bahkan mencapai 50% lebih banyak dari yang terkandung dalam telur ayam. 

Tapi buat B’timers yang bermasalah dengan penyakit kolesterol, berhati-hatilah! Dikarenakan ukuran kuning telur yang lebih besar, telur bebek juga mengandung lebih banyak kolesterol. Dalam 100 gram telur bebek terdapat 884 mg kolesterol, sedangkan untuk telur ayam dalam jumlah yang sama mengandung 425 mg kolesterol.

 Baca Juga : Olahan Telur Anti Mainstream

Kedua jenis telur ini sebenarnya sama baiknya dan sama sehatnya, asal disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi setiap orang. Supaya lebih sehat lagi, hindari menggoreng telur dengan terlalu banyak minyak, ya.

Share This Article