Tebas Diabetes dengan Red Wine Saat Makan Malam | Breaktime
Tebas Diabetes dengan Konsumsi Satu Gelas Red Wine Saat Makan Malam
24.11.2015

American Heart Association menyatakan, orang-orang dewasa yang memiliki diabetes memiliki resiko dua sampai 4 kali terkena berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dibandingkan mereka yang tidak. Apalahi diabetes yang Anda derita adalah tipe 2 yang membuat tubuh tidak mampu memproduksi atau menggunakan isulin dengan baik.

Maka dari itu mereka yang memiliki diabetes tipe ini harus mengontrol gula darah tubuh dan kemudian dikombinasikan dengan obat-obatan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat dan pemilihan makanan yang tepat merupakan kunci untuk mempertahankan kestabilan gula darah tubuh. Namun tenang saja B’timers, penelitian mengatakan dengan mengosumsi red wine secara terkontrol dapat menurunkan resiko terkena berbagai penyakit jantung.

Red wine turunkan risiko sakit jantung

Tebas Diabetes dengan Red Wine Saat Makan Malam | Breaktime
Red wine bisa menurunkan risiko penyakit jantung

Berdasarkan pada American Diabetes Association, mengosumsi red wine atau anggur merah serta berbagai minuman yang mengandung alkohol dapat menurunkan gula darah tubuh sampai 24 jam. Untuk membuktikannya, Anda bisa mengecek gula darah sebelum minum red wine dan lakukan pemantauan selama 24 jam agar benar-benar dapatkan buktinya.

Namun, berhati-hatilah saat minum alkohol dan perhatikan kandungan gula di dalamnya agar tidak malah membuat kadar gula darah meningkat. Sebuah penelitian yang diunggah pada Journal Annals of Internal Medicine  menyatakan konsumsilah red wine secara bijak maksimal 1 gelas setiap hari untuk menurunkan resiko gangguan penyakit jantung pada mereka yang terkena diabetes tipe 2.

 Dalam penelitian tersebut, diambil 200 orang partisipan yang dimonitoring selama 2 tahun. Para partisipan tersebut kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama mengosumsi red wine setiap makan malam. Kelompok kedua mengosumsi white wine dan yang ketiga hanya mengosumsi air mineral. Setelah dua tahun berlalu, kelompok yang mengosumsi red wine memiliki kolesterol baik high-density lipoprotein atau HDL dengan jumlah yang meningkat dibandingkan yang sebelumnya.

Meski begitu, jangan mengonsumsi red wine secara berlebihan karena dampak negatifnya pada tubuh bisa sangat besar. Dan, bagi B’timers yang muslim, sebaiknya mencari alternatif minuman halal lainnya yang ramah bagi kesehatan tubuh Anda, ya. (ya)

Share This Article