kurang Tidur, Bisakah Jalani Hari Seperti Biasa? | Breaktime
Tanpa Tidur Cukup Semalam, Bisakah Kita Menjalani Hari Seperti Biasa?
03.01.2016

Kurang tidur? Ini tipsnya agar Anda tetap dapat beraktifitas normal keesokan harinya, B’timers
Kita semua mengetahui pentingnya mendapatkan tidur yang baik sepanjang malam. Kekurangan tidur dapat menyebabkan timbulnya rasa cemas yang berlebihan, lebih cepat terbakar emosi, dan akan mengganggu kemampuan Anda menangkap informasi tertentu. Tapi sebagai orang yang sangat sibuk, terkadang akan sangat sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya, sehingga keesokan hari mau tidak mau kita harus mencoba untuk menjalankan hari meski tanpa istirahat sekalipun.

  • Lakukan pemanasan ringan

Segera buka tirai jendela kamar Anda, B’timers. Mendapatkan cahaya matahari sesegera mungkin setelah bangun, sangat penting. Hal tersebut akan memberikan energi untuk memulai hari Anda. Sinar matahari akan mengurangi  pelepasan hormone melatonin, hormone yang membuat kita mengantuk.
Untuk melawan rasa kantuk, cobalah untuk melakukan olahraga ringan di bawah matahari pagi. Joging singkat di halaman atau gerakan peregangan, akan membuat temperature tubuh naik dan memproduksi hormone endorphin, yang dapat meningkatkan energy Anda.

kurang Tidur, Bisakah Jalani Hari Seperti Biasa? | Breaktime
Hindari makanan yang mengandung karbohidrat agar tetap fit
  • Beri asupan protein untuk tubuh

Protein dapat menstimulasi neurotransmitter di otak bernama orexin, yang berfungsi untuk mengatur semangat, rasa kantuk, dan lapar di tubuh kita. Dengan mengkonsumsi protein sebanyak 20 – 35 gram saat makan, akan membantu Anda tetap terjaga, dibandingkan dengan mengkonsumsi karbohidrat.
Jika tidak tahan lapar, Anda bisa mengambil snack seperti kacang almond, kacang mede, cracker gandum, keju atau yogurt Yunani. Anda juga bisa mengkonsumsi buah yang tinggi serat, seperti apel, dan jeruk.

  • Istirahat siang

Sempatkan waktu sekitar 20 – 30 menit untuk tidur siang di sela jam istirahat. Sebelum tidur, minumlah secangkir kopi. Setelah bangun, efek dari kopi akan langsung bereaksi, sehingga Anda dapat melanjutkan kegiatan tanpa takut lelah.
Anda mungkin tidak percaya bahwa minum kopi sebelum tidur siang merupakan ide yang bagus. Namun, sebenarnya cafein membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bekerja.
Well, bagaimanapun padatnya jadwal Anda, tetap usahakan untuk mendapatkan waktu tidur malam yang cukup, B’timers. Karena selain akan membuat Anda tidak bersemangat, kurang tidur juga berefek buruk untuk kesehatan, loh.

Share This Article