Tanning Demi Tampil Menawan? Cek Dulu Bahayanya! | Breaktime
Tanning Demi Tampil Menawan? Cek Dulu Bahayanya!
17.02.2017

Mendambakan memiliki kulit sempurna yang eksotis karena terbakar matahari, B’timers? Dan ada cukup banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit coklat yang begitu menggoda setiap pria mata biru dari benua Eropa. Salah satunya adalah dengan tanning. Tidak sedikit wanita dan bahkan pria yang melakukan tanning demi untuk mendapatkan kulit yang diimpikannya, B’timers.

Tanning dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pergi berjemur di pantai, di ranjang khusus tanning dan juga melalui paparan incidental. Memang hasil kulit coklat sempurna yang Anda dapat cukup cepat, B’timers. Namun jangan salah, lho, karena melakukan tanning ternyata diungkapkan memiliki risiko yang dibilang berbahaya bagi kesehatan. Nah, di bawah ini fakta wajib tahu tentang tanning!

Tanning Demi Tampil Menawan? Cek Dulu Bahayanya! | Breaktime
Hati-hati, proses tanning bisa berbahaya bagi kesehatan!

Banyak orang yang mengira jika melakukan tanning jauh lebih tidak berisiko, karena tidak menggunakan sinar ultraviolet yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Eits, padahal hal itu sama sekali salah. Seperti yang dilepaskan matahari dan juga beberapa jenis lampu, tanning menggunakan sinar ultraviolet untuk membantu membakar kulit Anda, lho, B’timers.

Dan walaupun terbukti terdapat perbedaan di antara sinar ultraviolet A (UVA) serta ultraviolet B (UVB), namun karena memiliki kemampuan menembus lapisan kulit, hal tersebut terbukti memiliki risiko bagi kesehatan terkait paparan sinar ultraviolet yang terlalu berlebihan, B’timers. Risiko yang paling tinggi adalah risiko pertumbuhan kanker kulit. Namun kenyataannya masih banyak yang melakukan tanning.

Nah, untuk proses tanning, ada banyak model yang berbeda. Dan tak hanya itu saja. Penggunaan lampu ultraviolet yang digunakan dalam peralatan tanning dapat menghasilkan radiasi UVA dan juga UVB yang berbeda, lho, B’timers. Dan ada batasan yang diperbolehkan untuk lampu tanning sesuai kekuatan pada lampu. Dari lampu tanning adalah, kemampuan memancarkan 10 – 15 kali radiasi UVA matahari, lho!

Paparan radiasi UV pada kulit dapat membantu menghasilkan efek tanning atau penggelapan pada kulit Anda, B’timers. Dan mungkin yang ada di dalam anggapan Anda, bahwa kulit coklat dapat terlihat sehat. Tetapi kenyatannya adalah kulit yang telah mendapatkan proses tanning dengan menggunakan paparan sinar UV, ternyata terbukti adalah kulit yang sudah rusak. Hiii!

Tanning Demi Tampil Menawan? Cek Dulu Bahayanya! | Breaktime
Konsultasi dengan dokter kulit dan lindungi juga mata Anda, B’timers!

Well, perawatan dengan menggunakan radiasi sinar UV sebenarnya dibutuhkan untuk membantu pasien dengan kondisi kulit yang terganggu karena adanya kuman. Seperti rakitis, psoriasis, eksim, sakit kuning, lupus vulgaris dan juga vitiligo. Tetapi yang perlu Anda ketahui mengenai perawatan dengan paparan UV ini hanya bisa dilakukan dengan pertimbangan ketat dari dokter kulit, B’timers.

Mereka yang melakukan proses tanning atau penggelapan kulit di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan tanning beds dan lampu memiliki risiko yang sama terhadap sengatan matahari, B’timers. Biasanya gangguan yang dihadapi mereka yang melakukan tanning adalah radang kemerahan pada kulit yang disebabkan karena terlalu banyak terkena paparan radiasi UV, khususnya radiasi sinar UVB.

Tak hanya kulit Anda saja yang berisiko mendapatkan gangguan, lho, B’timers. Paparan berlebihan dari sinar UV juga dapat menyebabkan gangguan pada mata Anda. Apalagi jika Anda tidak melindungi mata di saat melakukan proses tanning. Biasanya gangguan pada mata akibat terkena paparan sinar UV saat proses tanning dikenal sebagai photokeratitis dan photoconjunctivitis.

Dan lebih lanjut dikatakan, gangguan katarak yang menyebabkan kebutaan juga datang karena paparan berlebihan dari sinar UVB di saat Anda melakukan proses tanning. Nah, setelah Anda mengetahui bahwa ada banyak bahaya yang mengancam dari proses tanning, apakah Anda masih ingin mendapatkan kulit coklat, meski itu membahayakan diri dan kesehatan? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE