Tanggap Gejala ISPA Serta Solusi Pengobatannya! | Breaktime
Tanggap Gejala ISPA Serta Solusi Pengobatannya!
24.12.2016

Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut, atau yang lebih dikenal sebagai ISPA adalah sebuah infeksi pernapasan yang menyerang organ pernapasan, yaitu bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, dan paru-paru. Seperti beberapa penyakit-penyakit pernapasan yang lain, ISPA tergolong sebagai penyakit yang sangat mudah untuk menular karena media penularannya adalah melalui udara. ISPA bukanlah penyakit yang dapat dipandang sebelah mata, karena keterlambatan penanganan dapat mengakibatkan kematian. Lalu apa sajakah gejala ISPA?

Baca juga : HIII! INI 10 BAHAYA ROKOK SELAIN MENYERANG PARU-PARU!

Gejala ISPA terdiri dari dua tahap, yaitu tahap awal dan tahap akhir. Gejala awal dari penyakit infeksi saluran pernapasan ini memiliki kemiripan dengan penyakit flu sehingga pada umumnya Anda akan mengalami kesulitan dalam mendeteksinya. Beberapa gejala awal pada serangan ISPA antara lain hidung tersumbat, batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit sehingga mengakibatkan penderita mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Selain itu Anda juga akan merasakan rasa nyeri pada bagian persendian dan otot-otot tubuh, dan stamina tubuh yang drop dan membuat Anda mudah merasa lelah dan lemas. 

Tanggap Gejala ISPA Serta Solusi Pengobatannya! | Breaktime
Waspadai gejala-gejala ISPA ya, B’Timers!

Apabila pada tahap gejala awal penderita ISPA tidak mendapatkan tindakan pengobatan yang dibutuhkan, maka akan muncul gejala-gejala lain yang lebih serius, beberapa antaranya adalah penderita mengalami sesak napas. Kesulitan dalam bernapas tersebut pun dapat menjadi lebih parah apabila infeksi telah menjalar hingga mencapai paru-paru. Gejala selanjutnya yang muncul adalah demam tinggi, walaupun demikian Anda akan merasa kedinginan yang membuat Anda menggigil. Dampak domino dari gangguan pernapasan yang Anda terima berlanjut pada penurunan kadar oksigen yang ada di dalam darah, yang berdampak pada kurangnya pasokan oksigen ke otak. Anda pun akan mengalami penurunan kesadaran yang sering membuat Anda jatuh pingsan.

Penyakit ISPA sendiri disebabkan oleh jenis-jenis mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Bakteri dan virus tersebut antara lain adalah virus Adenovirus yang juga menjadi penyebab dari penyakit pilek, bronkhitis, dan pneumonia.  Adenovirus memiliki daya tahan yang cukup kuat ketika ia berada di luar tubuh manusia. Virus yang hingga kini diketahui terdiri dari 50 jenis spesies ini mampu bertahan dalam waktu 1 minggu pada suhu 36o celsius, beberapa minggu pada suhu ruangan. Ia juga mampu bertahan selama kurang lebih 7 hari hingga 3 bulan di lingkungan yang beriklim kering. 

Baca juga : 3 MANFAAT MELAKUKAN TEKNIK PERNAPASAN ABDOMINAL BAGI KESEHATAN

Selain Adenovirus, virus pilek yaitu Rhinovirus juga turut mengambil alih dalam munculnya penyakit ISPA. Pada umumnya Rhinovirus adalah jenis virus yang menyebarkan penyakit pilek. Apabila ia masuk ke dalam tubuh yang memiliki antibodi yang cukup kuat maka ia hanyalah akan menyebabkan penyakit pilek biasa dan akan dikalahkan oleh tubuh dalam kurun waktu satu atau dua minggu. Akan tetapi virus ini akan menjadi semakin kuat dan ganas ketika ia memasuki tubuh orang yang memiliki daya imun tubuh yang  rendah sehingga mengakibatkan penyakit ISPA. Tidak hanya disebabkan oleh virus, ISPA juga dapat diakibatkan oleh bakteri, yaitu bakteri Pneumokokus yaitu jenis bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis dan penyakit pneumonia.

Infeksi pernapasan akut ini dapat menyerang siapapun tanpa memandang status sosial. Walaupun resiko terbesar dimiliki oleh orang-orang yang lahir dengan sistem imun rendah, atau mengidap penyakit yang mengakibatkan pelemahan sistem kekebalan tubuh seperti AIDS, serta anak-anak dan orang-orang yang berusia lanjut.

Tidak ada obat yang pasti yang dapat secara total mengeliminasi penyakit ini, walaupun ada satu cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi pelindung tubuh. Selain itu Anda juga wajib memiliki gaya hidup yang bersih dan sehat, seperti mencuci tangan secara teratur terutama setelah Anda berinteraksi dan berjabat tangan dengan orang lain serta menghindari rokok.

Demikianlah uraian mengenai gejala ISPA dan cara terbaik untuk mencegahnya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE