Gejala Tangan Sering Terasa Panas Setelah Mencuci Baju | Breaktime
Tangan terasa panas setelah mencuci, gejala apakah?
18.08.2015
Mengapa telapak tangan terasa kasar dan panas seusai mencuci maupun bersih-bersih? apakah itu semacam kulit yang sensitif?







Atin Sena (19), Jember

Gejala semacam ini dalam dunia medis dikenal dengan nama Dermatitis Kontak Iritan (DKI). Pengertian sederhana dari DKI ini adalah iritasi pada kulit yang disebabkan karena kontak dengan bahan-bahan yang bersifat mengiritasi. Contoh bahan-bahan yang bersifat mengiritasi ini antara lain deterjen, obat-obatan pembersih lantai atau kamar mandi, sabun, oli semen, serta bahan-bahan lain yang bersifat asam dan basa kuat. Jika bahan yang mengiritasi bersifat iritan lemah, maka biasanya gejala baru muncul setelah pemakaian berkali-kali.

Gejala awal yang dirasakan bisanya subjektif, bisa berupa kulit terasa gatal, panas, kulit menjadi merah, bahkan bengkak. Gejala yang umum biasanya kulit menjadi kasar dan kering, kadang disertai kemerahan serta bersisik. Jika dibiarkan, lama kelamaan kulit kering tersebut akan menjadi tebal dan jika semakin parah maka akan menimbulkan retakan pada kulit.

Untuk mengurangi iritasi, Atin bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

1. Selalu gunakan pelindung saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Misal gunakan sarung tangan karet saat mencuci atau melakukan bersih-bersih. Cegahlah supaya kulit anda tidak kontak langsung dengan deterjen dll. Untuk lebih aman nya, jika memungkinkan hentikan kontak dengan bahan-bahan iritan tersebut.

2. Jangan merendam kulit di air terlalu lama. Sebab, kontak selama kurang lebih 2 jam dengan air juga dapat mengakibatkan iritasi kulit.

3. Jika perubahan yang terjadi pada kulit masih belum parah (hanya terasa kasar, kering dan bersisik), gunakan pelembap pada kulit yang kering (misal hand cream, body lotion, atau olive oil). 

Pelembap bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit
Pelembap bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit

4. Jika Anda sudah menghentikan kontak dengan bahan iritan dan telah menggunakan pelembap secara teratur tetapi gejala tidak membaik bahkan makin parah, segeralah berkonsultasi pada dokter kulit untuk diberikan obat-obatan dan salep.

Semoga membantu. 

Share This Article