Jantung lemah tangan berkeringat waspada sakit jantung | Breaktime
Tangan Berkeringat Gejala Jantung Lemah, Masa Sih?
26.04.2015
"I'm a complete hypochondriac. If my heart starts beating a little faster than normal, I think I'm having an attack"

-Antonio Banderas-

Jantung Lemah Tangan Berkeringat

jantung lemah tangan berkeringat

Tentunya B’timers pernah mendengar bahwa apabila ada seseorang yang sering berkeringat pada bagian telapak tangan atau kakinya, kemungkinan orang tersebut diklaim memiliki jantung lemah. Is that true?

Informasi dan ‘dogma’ seperti ini memang sudah banyak mengakar dan dipercaya oleh berbagai kalangan di Indonesia. Kenyataannya, informasi tersebut tidaklah 100% benar. Oleh karena itu, Breaktime akan membeberkan sedikit penjelasan terkait benar tidaknya seseorang yang sering berkeringat pada telapak tangan atau kakinya tengah mengidap jantung lemah.

Dalam paparan medis, ada dua istilah untuk menjelaskan keringat berlebih pada tubuh, yakni palm sweating (keringat pada telapak tangan) dan plantar sweating (keringat pada telapak kaki). Produksi keringat berlebih tersebut disebabkan karena tubuh mengalami kelebihan kadar gondok atau tiroid dalam darah yang disebut juga dengan hipertiroid.

detak jantung tidak teratur dan cepat
detak jantung tidak teratur dan cepat

Selain itu, “banjir” keringat di telapak tangan dan kaki tersebut juga merupakan tanda bahwa seseorang tengah mengalami pembakaran berlebih di dalam semua sel tubuh. Penyebab hipertiroid dihubungkan dengan penyakit jantung lemah adalah karena keduanya sama-sama membuat detak jantung menjadi lebih cepat.

Sementara itu, penyakit jantung lemah tangan berkeringat terjadi karena fungsi jantung mengalami penurunan kemampuan untuk memompa darah pun menjadi menurun. Bila hipertiroid ditandai dengan kemunculan keringat berlebih pada telapak tangan dan kaki, lemah jantung ditandai dengan adanya rasa sesak pada pernapasan, mudah merasa lelah, detak jantung tidak teratur dan cepat, nafsu makan menurun, serta gangguan memori pikiran yang dapat mengakibatkan disorientasi.

Untuk mengatasi penyakit jantung lemah tangan berkeringat ini, B’timers dapat mencoba untuk melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, atau senam aerobik selama 30 menit. Selain itu, bila selama ini B’timers punya berat badan berlebih, it’s time to join diet program to lose your weight!

Nah, apakah B’timers sudah bisa membedakan antara penyakit hipertiroid dan lemah jantung? Don’t get misunderstanding anymore ya!

Share This Article