Tangan Berkeringat, Gejala Apakah? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Tangan Berkeringat, Gejala Apakah?
29.11.2015
“kenapa ya dok tangan saya sering banget keringetan padahal tidak mengerjakan pekerjaan yang berat”
Arif, (18) , Jakarta Selatan

Penyebab tangan sering berkeringat bisa ada dua kemungkinan. Yang pertama adalah karena gangguan kecemasan dan yang kedua bisa disebabkan oleh gangguan jantung. Penanganan gangguan kecemasan dapat diatasi dengan managemen stres yang baik dan dapat dilakukan terapi konseling psikoterapi pada psikiater. Selain itu, beberapa hal berikut juga bisa membantu mengatasi stres:

Miliki waktu luang


Terlalu sibuk tak baik untuk kesehatan mental. Sempatkan untuk melakukan aktivitas menyenangkan di sela kesibukan harian sehingga kadar stres pun bisa berkurang.

Konsumsi makanan seimbang


Nutrisi tubuh yang terpenuhi dengan baik akan membantu tubuh lebih rileks dan bisa beraktivitas dengan baik.

 

Tangan Berkeringat, Gejala Apakah? | Breaktime
Tidur cukup bisa membantu mengurangi stres

Tidur cukup


Kurang tidur juga bisa memicu stres. Maka dari itu, pastikan untuk tidur cukup setiap malam minimal 7 hingga 8 jam sebelum kembali memulai berbagai aktivitas.
 
Sedangkan untuk gangguan jantung, selain tangan selalu basah dapat ditandai dengan gejala-gejala yang lain seperti detak jantung yang tidak normal/cepat( >100x/menit) dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun untuk mendiagnosis adanya kelainan jantung atau tidak diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan laboratorium, rontgen dada, ekokardiografi, maupun EKG/rekam jantung.

Untuk mengetahui kondisi yang tepat, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter ahli. Semoga membantu.

Share This Article