Tanda-Tanda Vertigo, Benarkah Vertigo Penyakit? | Breaktime
Tanda-Tanda Vertigo, Benarkah Vertigo Penyakit?
28.10.2017

Kepala pusing adalah gejala kesehatan yang umum terjadi akibat beberapa faktor. Terkadang, bahkan hal tersebut adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan karena akan hilang dengan sendirinya. Rasa pusing biasanya ditandai dengan gejala kepala yang terasa berdenyut dan terkadang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan berkonsentrasi. Tapi ketika Anda mengalami sensasi ruangan di sekitar Anda berputar dengan cepat hingga membuat Anda kehilangan keseimbangan, maka bisa jadi Anda terkena vertigo. Apa saja tanda-tanda vertigo, dan apakah kita perlu khawatir?

Salah satu tanda-tanda vertigo yang paling obvious adalah pandangan yang terasa berputar sangat cepat. Hal tersebut mengakibatkan Anda jadi kehilangan keseimbangan sehingga B’Timers jadi sulit untuk berdiri tegak atau bahkan berjalan oleng. Rasa pusing yang teramat sangat tersebut membuat Anda jadi susah untuk berkonsentrasi. Dan dalam keadaan yang ekstrem, bisa jadi gejala tersebut disertai dengan perasaan mual atau muntah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mengobati Sakit Kepala ala Natural Remedies

Gejala vertigo bisa muncul sewaktu-waktu diakibatkan oleh faktor pemicu yang berbeda-beda. Tapi penyebab dari vertigo juga berbeda-beda bergantung dari jenis vertigo yang kemungkinan besar Anda idap. Ya, vertigo ternyata terbagi menjadi 2 jenis lho B’Timers. Jenis vertigo yang paling umum adalah vertigo perifer. Gejala vertigo perifer disebabkan oleh adanya gangguan pada organ telinga bagian dalam yang memang bertugas untuk mengatur keseimbangan.

Vertigo perifer bisa disebabkan oleh BPPV atau Benign Paroxysmal Positional Vertigo. BPPV dipicu saat Anda melakukan gerakan kepala secara tiba-tiba, seperti mendongak, berdiri dengan cepat setelah posisi berjongkok, serta menundukkan kepala dengan cepat. 

Tanda-Tanda Vertigo, Benarkah Vertigo Penyakit? | Breaktime
Kepala berputar? Awas tanda-tanda vertigo

Selain itu infeksi telinga dan cedera di bagian kepala juga bisa mengakibatkan terjadinya vertigo perifer. Selain itu, adanya serpihan kristal kalsium karbonat dari dinding saluran telinga bagian dalam yang masuk ke dalam saluran telinga yang dipenuhi dengan cairan. Terganggunya saluran telinga dalam secara otomatis akan mengganggu keseimbangan Anda, jadilah muncul gejala-gejala vertigo.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Kepala Belakang, Sepele tapi Mengganggu

Gangguan telinga dalam lainnya yang juga wajib diwaspadai karena bisa menimbulkan vertigo adalah penyakit Meniere. Penyakit Meniere tergolong sangat langka dan kebanyakan penderitanya berjenis kelamin perempuan. Penyakit ini bisa muncul di rentang usia sekitar 20 tahun hingga 50 tahun.

Selain itu jika B’Timers mengidap penyakit autoimun, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami gejala vertigo yang diakibatkan oleh penyakit meniere ini. Walaupun hingga saat ini penyakit Meniere tergolong ke dalam penyakit yang tidak bisa disembuhkan,  tapi penyakit ini tidak mematikan. Dan selama Anda menjalani terapi yang diberikan, maka kecil kemungkinan penyakit tersebut akan berulah.

Bagaimana dengan pengobatan yang dilakukan untuk mencegah vertigo? Well, walaupun vertigo bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit seperti penyakit Meniere atau bahkan tumor di otak, tapi vertigo sendiri bukanlah penyakit. Sehingga satu-satunya jalan untuk mengobati vertigo adalah dengan mengobati sumber pemicunya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serba-serbi Sakit Kepala Sebelah

Dokter kemungkinan besar akan meresepkan beberapa jenis obat yang berfungsi untuk membantu menenangkan syaraf atau membantu mengatasi masalah pada saluran kuping bagian dalam. Beberapa obat yang umumnya diberikan pada Anda adalah obat jenis antikolinergik, antihistamin, histaminergik, antidopaminergik, benzodiazepin, dan antagonis kalsium.

Selain mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter, Anda juga wajib berhati-hati agar tidak memicu tanda-tanda vertigo. Tindakan sesederhana seperti berdiri pelan-pelan dari posisi jongkok dapat membantu meminimalisir terjadinya vertigo. Anda juga wajib berhati-hati saat menggerakkan kepala Anda, seperti hindari menoleh atau mendongak secara tiba-tiba. Dan tidak ada salahnya jika Anda mengurangi konsumsi garam, terutama jika Anda seorang penderita penyakit Meniere. Jaga kesehatan Anda baik-baik, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE