Tanda-tanda Kolesterol Bisa Bahayakan Kaki Anda! | Breaktime
Tanda-tanda Kolesterol Bisa Bahayakan Kaki Anda!
04.05.2017

Semua orang tentunya telah mengetahui apabila kadar kolesterol seseorang tinggi, maka akan berisiko menyumbat pembuluh darah jantung. Namun ternyata risiko yang ditawarkan oleh tingginya kolesterol tak hanya berhenti sampai di sana saja, lho, B’timers. Menurut penelitian, diketahui jika kolesterol bisa mempengaruhi kesehatan kaki.

Tanda-tanda Kolesterol Bisa Bahayakan Kaki Anda! | Breaktime
Kaki Anda bisa tunjukkan kadar kolesterol tubuh, lho

Wah, bagaimana mungkin itu terjadi, B’timers? Kondisi kesehatan kaki yang terganggu karena tingginya kadar kolesterol seseorang disebut dengan nama peripheral arterial disease (PAD) alias penyakit arteri perifer. Sebanyak kurang lebih 12 juta orang di Amerika Serikat diketahui menderita PAD. Kondisi yang satu ini juga terkait dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung dan juga stroke.

David Slovut, direktur terapi intervensi lanjutan di Montefiore Medical Center mengungkapkan, bahwa risiko penyakit kardiovaskular yang jauh lebih tinggi sering kali dialami oleh mereka yang menderita PAD, B’timers. Ini tanda-tanda kolesterol mengganggu kesehatan kaki serta tanda-tanda kolesterol naik yang terkait dengan gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: LANGKAH SEDERHANA UNTUK CEGAH KOLESTEROL TINGGI!

Gejala PAD yang paling umum dialami oleh pasien adalah klaudikasi atau sejenis nyeri yang terasa di kaki mereka. Dan tak hanya itu. Penderita juga merasakan ketidaknyamanan. Karena arteri tersumbat, maka darah tidak dapat mengalir ke pembuluh ke arah kaki untuk menstabilkan tenaga. Beberapa pasien biasa mengeluhkan ada rasa berat atau lelah yang berlebihan hingga sensasi terbakar pada kaki mereka.

Tanda-tanda Kolesterol Bisa Bahayakan Kaki Anda! | Breaktime
Kram pada kaki saat tidur? Hati-hati kolesterol tinggi!

Orang-orang dengan PAD sering mengeluhkan mengalami kram pada saat mereka tidur, B’timers. Kejang atau kram biasanya menyerang tumit, kaki depan hingga pergelangan kaki. Rasa sakit tersebut biasanya mudah diatasi, yaitu dengan cara menggantungkan kaki di tepi tempat tidur atau duduk di kursi. Cara ini akan membantu darah mengalir ke kaki.

Baca juga: KADAR KOLESTEROL TINGGI? AWAS, INI AKIBATNYA

Tanda-tanda kolesterol mengganggu kesehatan kaki Anda dapat dilihat dari adanya perubahan kulit dan kuku, B’timers. Karena kaki tak menerima aliran darah maupun asupan makanan dengan normal, maka biasanya keluhan yang diungkapkan penderita PAD adalah hilangnya rambut di kaki dan jari kaki. Atau biasanya kulit pada kaki lebih berkilau dan ketat. Kuku kaki juga terasa tebal dan tumbuh perlahan.

Tanda-tanda Kolesterol Bisa Bahayakan Kaki Anda! | Breaktime
Dokter akan memeriksa kondisi kulit kaki pasien

Untuk diketahui, tanda-tanda kolesterol naik dari kesehatan kaki Anda adalah warna kulit yang tak biasa, B’timers. Dokter biasanya akan mencari ada atau tidaknya perubahan pada warna kaki. Caranya adalah dengan mengangkat kaki. Jika kaki berwarna putih atau pucat, hal tersebut terjadi karena aliran darah di kaki terganggu. Jika kaki tergantung, warnanya akan kemerahan atau keunguan.

Baca juga: INI 4 MAKANAN AJAIB MENURUNKAN KOLESTEROL!

Anda sering merasakan kaki atau tungkai dingin, B’timers? Kaki ataupun tungkai yang terasa dingin atau sejuk ketika Anda menyentuhnya mungkin menjadi salah satu indikator jika Anda menderita PAD. Tetapi itu bukanlah tanda utama, B’timers. Karena masalah ini sering dialami oleh banyak orang. Nah, jika Anda merasa salah satu kaki atau tungkai yang dingin, ini saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Tanda-tanda Kolesterol Bisa Bahayakan Kaki Anda! | Breaktime
Bisul tak kunjung sembuh? Bisa jadi tanda kolesterol!

Sakit yang tidak kunjung sembuh juga bisa menjadi tanda-tanda kolesterol telah mengganggu kesehatan kaki Anda, B’timers. Mereka yang menderita PAD, biasanya akan mengalami penurunan sirkulasi darah yang dapat mengakibatkan luka, seperti bisul pada kaki tidak segera sembuh. Nah, jika Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya segera memeriksakan diri, B’timers.

Sangat besar kemungkinan PAD mengganggu kemampuan ereksi seorang pria, lho, B’timers. Dan kasus ini bukan hanya terjadi satu kali. Arteri iliaka internal bertugas untuk memberikan suplai darah ke penis yang bermaksud membantu pria untuk ereksi. Nah, jika kedua aliran ini tertutup atau tersumbat, maka akibatnya adalah gangguan kemampuan ereksi atau yang lebih dikenal disfungsi ereksi.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda kolesterol naik yang wajib untuk Anda waspadai, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE