Tanda Anda Derita Obsessive Compulsive Disorder | Breaktime
Tanda Anda Derita Obsessive Compulsive Disorder
17.10.2016

Sering galau jika lupa tak membawa hand sanitizer, menjaga lemari selalu rapi, memeriksa setiap detail yang dilakukan, B’timers? Wah, kebiasaan ini biasanya dihubungkan dengan kepribadian yang mengacu pada masalah kesehatan cukup serius, lho. Dan gangguan yang lebih dikenal dengan sebutan OCD atau obsessive compulsive disorder ini mempengaruhi setidaknya 1 % orang dewasa. Nah, ini dia tanda orang yang menderita OCD, B’timers!

Tanda Anda Derita Obsessive Compulsive Disorder | Breaktime
Takut kotor dan kuman adalah salah satu tandanya

Menjaga kebersihan hingga tingkat ekstrem

Orang yang menderita OCD, sangat takut akan kuman, menjadi sakit atau terluka. Mereka akan menjaga kebersihan diri dan lingkungan di dalam tingkatan yang cukup ekstrem, B’timers. Mencuci tangan setiap menyentuh dengan benda asing hingga selalu membersihkan rumah setiap ada kotoran tertinggal.

Kebiasaan selalu memeriksa setiap sesuatu

Tidak hanya sekali dua kali orang yang menderita pergi memeriksa apakah kompor sudah mati dan pintu sudah dikunci. Mereka bisa melakukannya sampai 20 kali atau lebih. Kebiasaan ini datang karena adanya ketakutan berlebih. Yang terbilang aneh, mereka biasa menghitung segala sesuatu, seperti langkah. 

Baca juga : WASPADA, INI 5 TANDA ANDA ALERGI MINUM ALKOHOL!

Punya tingkat kesempurnaan yang cukup tinggi

Salah satu dari tanda orang yang menderita OCD adalah selalu menjaga segala hal sesempurna mungkin, B’timers. Bahkan jika terlihat ada benda yang tak di tempatnya, mereka akan gusar. Tak hanya itu, orang dengan OCD juga memiliki ketakutan yang sangat tinggi terhadap kemungkinan kekerasan yang ada.

Tanda Anda Derita Obsessive Compulsive Disorder | Breaktime
Mereka memiliki ketakutan jika ditinggalkan

Sulit menerima ketidakpastian dalam hidupnya

Mereka yang menderita OCD, diketahui memiliki obsesi berlebih terhadap hubungan sosialnya, B’timers. Penderita OCD suka membayangkan hubungan dengan teman, rekan kerja, pasangan dan juga keluarga. Mereka memiliki ketakutan berlebih akan terjadinya hal yang tidak diinginkan di dalam hubungan itu.

Pikiran obsesif terhadap bentuk dan penampilan

Untuk tingkat lanjut, penderita OCD akan merasa ada yang tidak sempurna dari tubuhnya, B’timers. Hal ini menyebabkan mereka merasa sangat tidak percaya diri pada dirinya sendiri. Namun berbeda dengan gangguan makan, gangguan ini tidak membuat penderitanya fokus pada perubahan dan perbaikan.

Nah, dari tanda orang yang menderita OCD, apakah Anda merasakan salah satunya, B’timers? Sebaiknya segera konsultasikan pada ahlinya, ya? (NO)

Share This Article