Tampak Sepele, 5 Penyakit Ini Ternyata Menyeramkan | BREAKTIME
Tampak Sepele, 5 Penyakit Ini Ternyata Menyeramkan
03.04.2015
"Health is not valued till sickness comes"

-Thomas Fuller-

Sakit itu mahal, setuju dengan ungkapan ini, B’timers? Saat sakit, bukan hanya kerugian material saja yang bisa Anda alami. Namun juga kerugian yang tak bisa dihitung lantaran harus kehilangan kesempatan untuk bekerja, beraktivitas, dan berkumpul bersama orang-orang terkasih. 

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang waspada terhadap risiko terserang penyakit berbahaya. Padahal, banyak penyakit yang terkesan sepele dan bisa diatasi dengan mudah, namun justru mengantar Anda pada kemungkinan terburuk seperti berikut ini:

Rhinitis

Rhinitis adalah radang selaput hidung yang ditandai dengan gejala sangat sederhana, yaitu bersin terus-menerus, hidung tersumbat dan terasa gatal. Sekilas, mirip sekali dengan gejala flu biasa, bukan? Itulah yang membuat penyakit satu ini jarang ditangani dengan cepat dan akhirnya menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius, terlebih lagi pada penderita asma atau anafilaksis.

Beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan rhinitis adalah steroid intranasal, antihistamin oral, imunoterapi subkutan, atau bisa juga akupuntur bagi Anda yang lebih nyaman dengan natural medication.

Asam urat

Pernah merasa nyeri pada kaki atau tangan secara tiba-tiba? Well, Anda perlu waspada karena rasa nyeri yang teramat sangat disertai dengan bengkak di beberapa bagian tubuh merupakan gejala dari penyakit asam urat. 

Penyebab timbulnya asam urat adalah terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh. Zat purin sendiri terdapat pada daging merah, kacang-kacangan, serta beberapa sayuran dan juga buah. Selain dapat mengakibatkan munculnya batu ginjal, asam urat yang sudah akut juga meningkatkan resiko terserang stroke dan Parkinson. 

Untuk menanggulanginya, B’times perlu mengurangi konsumsi jeroan dan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak serta santan. Lengkapi dengan menyantap makanan yang kaya potassium seperti tomat atau pisang.

Osteoporosis

Penderita osteoporosis rata-rata tidak menyadari saat terserang penyakit ini. Setelah timbul gejala berupa nyeri berkepanjangan di bagian punggung, barulah menyadari bahwa sudah terserang osteoporosis. Penyakit pengeroposan tulang ini disebabkan kurangnya hormon estrogen yang bertugas mengangkut kalsium ke dalam tulang.

Selain munculnya nyeri, osteoporosis tingkat akut juga dapat menyebabkan berubahnya bentuk tubuh hingga lebih mudah patah tulang meski hanya sedikit terbentur. Untuk itu, perbanyak asupan makanan berkalsium dan kaya vitamin D, serta biasakan olahraga secara teratur.

Angina pectoris

Angina pectoris atau lazim dikenal dengan nama angin duduk ini bukanlah penyakit yang dapat dipandang remeh dan bisa menyebabkan kematian. Ada 3 jenis Angina pectoris yaitu angin aklasik (terjadi saat penderita melakukan aktivitas fisik), angina varian (terjadi di pagi hari atau ketika sedang istirahat), dan angina tidak stabil (terjadi kapan saja).

Penyebab dari angin duduk ini adalah terjadinya ketidakseimbangan antara suplai darah miokard dan kebutuhan oksigen. Gejalanya berupa nyeri pada dada, mudah tersedak, nyeri pada bagian epigastrium, punggung, leher, rahang dan bahu. Pemicu umum penyakit ini adalah aktivitas makan yang tidak terkontrol dan stres.

Migrain

Sering mengalami sakit kepala sebelah? Meski sebagian besar penyakit migrain bisa diatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas, namun jika terus dibiarkan efeknya tak akan baik untuk kesehatan fisik dan juga psikis. Jika penderita migraine terus merasakan sakit di salah satu sisi kepala selama beberapa jam, maka akan mempengaruhi psikisnya misalnya menjadi lebih mudah marah.

Mulai sekarang, seremeh apapun gejala yang Anda rasakan, segera periksakan diri ke dokter dan lakukan pengobatan medis dengan tepat, ya. Dan jangan lupa selalu terapkan pola hidup sehat setiap hari, a healthy outside starts from the inside!

Share This Article