Tampak Layak Dikonsumsi, Ternyata Minum Air Hujan Berbahaya | Breaktime
Tampak Layak Dikonsumsi, Ternyata Minum Air Hujan Berbahaya
10.06.2015

Di daerah pedalaman dan daerah yang belum terjangkau pipa PDAM, memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari adalah hal biasa. Namun tahukah B’timers bahaya dibalik meminum air hujan?

Pemanfaatan air hujan untuk mandi, cuci, dan kakus (MCK) tidak terlalu dipermasalahkan. Namun untuk dikonsumsi langsung sebagai air minum perlu ditinjau ulang.

Air hujan di Indonesia mempunyai kandungan mineral yang rendah, pH rendah, kandungan organik tinggi, dan zat besi tinggi. Kandungan tersebut tidak dipermasalahkan jika sesuai dengan kebutuhan manusia dan dikonsumsi dengan jangka waktu singkat. Namun meminum air hujan tanpa filter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Lalu, apa saja penyakit akibat meminum air hujan?

Kandungan mineral dalam air hujan sangatlah rendah dan tidak sesuai dengan kebutuhan manusia. Berikut dampak bagi tubuh yang kekurangan mineral penting:

Zinc

Kekurangan zinc sebabkan diare kronis
Kekurangan zinc sebabkan diare kronis

Kekurangan Zinc dapat menimbulkan menurunnya imunitas tubuh, anorexia, diare kronis yang parah, dan kulit kering.

Kalsium

Kekurangan kalsium penyebab utama osteoporosis
Kekurangan kalsium penyebab utama osteoporosis

Pada anak-anak kekurangan kalsium dapat menyebabkan rakitis, sedangkan pada orang dewasa dapat menyebabkan oesteomalasia, kejang, dan osteoporosis. Pada wanita hamil dan menyusui serta orang lanjut usia, kekurangan kalsium dapat menyebabkan kerapuhan tulang.

Tembaga

Kekurangan tembaga dapat menjadi masalah besar, seperti anemia parah, kelainan tulang, penyakit paru-paru, gangguan syaraf, dan masalah pada jaringan tubuh.

Fosfor

Nafsu makan menurun, salah satu dampak kekurangan fosfor
Nafsu makan menurun, salah satu dampak kekurangan fosfor

Kekurangan fosfor dapat menyebabkan masalah pada tulang dan otot, denyut jantung tidak teratur, nyeri tulang dan hilangnya nafsu makan.

Yodium

Yodium sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan yodium dapat menyebabkan pertumbuhan kerdil pada anak dan masalah keterbelakangan mental. Pada orang dewasa, kekurangan yodium dapat menyebabkan penyakit gondok.

Tapi, jika B’timers terpaksa meminum air hujan tanpa filter dalam jangka waktu lama karena kekurangan pasokan air, sebaiknya lengkapi kebutuhan mineral Anda dan keluarga dengan makanan kaya mineral, seperti daging, susu, seafood, dan garam beryodium.

Share This Article