Takut Kolesterol Saat Menyantap Menu Idul Adha? No More! | Breaktime
Takut Kolesterol Saat Menyantap Menu Idul Adha? No More!
24.09.2015

Hari ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha yang identik dengan berbagai menu makanan berbahan daging. Bagi B’timers yang gemar konsumsi daging, tentu ini adalah momen yang sangat menggembirakan bagi kepuasan Anda menikmati menu favorit.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa konsumsi olahan daging dengan bumbu berlebih dapat meningkatkan kolesterol dan rentan terkena risiko serangan jantung? Oleh karena itu, seimbangkan menu B’timers dengan konsumsi makanan berikut:

Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan alami, seperti;

Gandum

Gandum mampu menekan kadar kolesterol dan penghasil energi terbaik
Gandum mampu menekan kadar kolesterol dan penghasil energi terbaik

Gandum merupakan salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi orang-orang yang dengan kadar kolesterol tinggi. Dengan mengonsumsi gandum secara rutin, maka kandungan beta-glucan atau sejenis serat baik di dalamnya akan berperan aktif untuk menekan tingginya kadar kolesterol.

Delima

Buah delima kaya akan antioksidan yang bagus untuk tubuh
Buah delima kaya akan antioksidan yang bagus untuk tubuh

Dengan mengonsumsi buah delima secara teratur, kandungan antioksidan di dalamnya membersihkan penumpukan plak pada arteri. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari masalah penyumbatan aliran darah pada jantung yang memicu stroke.

Sayuran

Serat sayuran bagus untuk menurunkan kadar kolesterol
Serat sayuran bagus untuk menurunkan kadar kolesterol

Cara menurunkan kolesterol secara alami lainnya adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Selain memiliki kandungan betakaroten, vitamin A, C dan E, kandungan serat dan antioksidan di dalamnya juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga tak perlu terjadi penumpukan lemak berlebih penyebab kolesterol.

Jeruk

Jeruk mampu meningkatkan kadar kolesterol baik
Jeruk mampu meningkatkan kadar kolesterol baik

Kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam jeruk mampu mencegah radikal bebas serta meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) hingga 21mg dalam satu bulan. Hal ini tentunya akan sangat membantu orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Oatmeal

Oatmeal baik bagi kesehatan jantung
Oatmeal baik bagi kesehatan jantung

Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang cukup bagus untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Serat tersebut mampu menghambat penyerapan kolesterol untuk masuk ke dalam darah secara berlebih.

Zaitun

Buah zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat
Buah zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Dengan mengonsumsi 2 sendok minyak zaitun pada makanan per hari, maka kolesterol baik akan meningkat dan kolesterol buruk akan menurun.

Dengan begitu, B’timers tak perlu lagi merasa cemas saat menyantap menu daging pada perayaan Idul Adha. Namun, jangan lupa untuk menjaga porsi makan tak sampai berlebihan juga, ya!

Share This Article