Tak Usah Galau, Ini Cara Mengatasi Keputihan | Breaktime
Tak Usah Galau, Ini Cara Mengatasi Keputihan
23.08.2016

Jika B’timers kadang merasakan gatal di area miss V, hingga mengeluarkan lendir berwarna putih serta baunya tak sedap, itu merupakan keputihan. Keputihan sendiri adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri serta virus dan parasit. Jika dibiarkan, keputihan bisa berbahaya, apalagi jika sampai kuman menyerang serviks. Berikut cara mengatasi keputihan yang tepat:

Memakai pembalut yang tepat

Saat menstruasi, pembalut tentu jadi sahabat wanita. Pembalut digunakan untuk menyerap darah agar tak mengalir ke mana-mana. Namun, jangan sampai salah pilih pembalut, pakai yang memiliki bahan berkualitas dan cocok dengan kulit Anda, serta dalam satu hari ganti pembalut 4 jam sekali.

Membersihkan Miss V dengan benar

Cara mengatasi keputihan berikutnya adalah menjaga kelembaban miss V dan membersihkan miss V dengan benar. Saat membersihkannya, selalu arahkan dari depan ke belakang, atau dari vulva ke arah anus, ini supaya kuman yang ada di anus tidak menempel ke vagina.

Tak Usah Galau, Ini Cara Mengatasi Keputihan | Breaktime
Daun sirih bantu atasi keputihan

Menggunakan daun sirih

Dalam daun sirih terdapat kandungan batlephenol dan kavinol yang memiliki antioksidan serta mampu membersihkan kuman dan jamur. Caranya adalah cuci bersih 10 lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 liter air, dinginkan, kemudian pakai untuk membasuh organ kewanitaan.

Menghindari stres dan menjaga pola hidup

Kala stres menyerang, cobalah untuk berdamai dengannya. Menghindari stres serta rutin berolahraga secara seimbang adalah cara paling tepat untuk mencegah dan mengatasi keputihan. Selain itu, konsumsi makanan sehat seperti susu dan yogurt yang mengandung bakteri baik.

Itulah sejumlah cara mengatasi keputihan yang bisa B’timers lakukan, supaya miss V sehat dan segar. Kadang terlupakan, miss V adalah salah satu bagian tubuh wanita yang paling sensitif dan harus dirawat dengan baik, lho. Biar selalu sehat dan terhindar dari keputihan. (md)

Share This Article